<p>Karyawati menunjukan mata uang Rupiah dan Dolar AS di Jakarta, Kamis, 18 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Rupiah Dibuka Menguat, Waspadai Sentimen Negatif Inflasi AS

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.551 per dolar AS.
Pasar Modal
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat pada perdagangan via Bloomberg, Kamis, 12 Mei 2022 pukul 09.10 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.551 per dolar AS. Rupiah ini menguat 3 poin setara 0,02%.

Menurut analisa dari Analis Keuangan Ariston Tjendra, pelaku pasar harus berwaspada adanya kemungkinan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini.

"Pelaku pasar kelihatannya masih harus mewaspadai pelemahan Nilai tukar rupiah karena menurut data inflasi konsumen AS bulan April yang dirilis kemarin menunjukkan tingkat inflasi masih tinggi di AS mendekati level tertinggi dalam 40 tahun," kata Ariston pada TrenAsia.com, Kamis, 12 Mei 2022.

Ditambahkan, berdasarkan data yang dirilis tumbuh 8,3%, tidak berbeda jauh dengan bulan sebelumnya yang berada di level 8,5%. Rupiah dapat ditutup stagnan hari ini, dan berpotensi kisaran Rp14.500 sampai dengan Rp14.580.

Adapun data inflasi yang tinggi ini dapat memvalidasi eskpetasi kebijakan pengetatan moneter AS yang lebih agresif ke depannya sehingga mendorong penguatan dolar AS.

Di sisi lain, ekonomi dalam Indonesia kembali menggeliat karena perayaan Idulfitri yang dapat memberikan sentimen positif bagi rupiah sehingga dapat menjaga pelemahan rupiah.