<p>Karyawan menghitung mata uang Rupiah di salah satu tempat penukaran uang atau Money Changer di kawasan Melawai, Jakarta, Senin, 9 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Kurs Rupiah Hari Ini: Perpanjangan PPKM Hambat Penguatan Mata Uang Garuda

  • Pada perdagangan Kamis, 4 Februari 2021, Piter memperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp13.950 sampai dengan Rp14.050 per dolar AS.

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Mengutip Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot terus menguat hingga penutupan perdagangan, Rabu, 3 Februari 2021. Kurs rupiah terpantau menguat 0,14% atau 20 poin ke level Rp14.055 per dolar Amerika Serikat (AS).

Setali tiga uang, rupiah pada kurs tengah Bank Indonesia (JISDOR) juga menguat menjadi Rp14.017 per dolar AS.

Ekonom serta Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah memprediksi pergerakan rupiah selama pekan ini masih sangat fluktuatif seiring dengan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali.

“PPKM serta adanya gelombang ketiga di tingkat global memunculkan ketidakpastian pemulihan ekonomi. Hal ini menghambat penguatan rupiah,” kata Piter pada TrenAsia.com Rabu malam, 3 Februari 2021.

Di sisi lain, pembatasan rencana stimulus fiskal di AS memunculkan sentimen positif akan berlanjutnya likuiditas global yang melimpah. Hal ini tentu akan mendorong aliran modal masuk ke negara berkembang termasuk Indonesia.

Meski pergerakannya tak stabil, Piter memperkirakan naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di rentang yang tipis.

“Tarik menarik sentimen positif dan negatif ini masih akan terus berlangsung ke depan sehingga pergerakan rupiah saya perkirakan akan up and down,” sambungnya.

Pada perdagangan Kamis, 4 Februari 2021, Piter memperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp13.950 sampai dengan Rp14.050 per dolar AS. (SKO)