Untuk melindungi petni sawit, pemerintah Kaltim memusnahkan benih sawit tidak bermutu. Foto: ilustrasi
Korporasi

Laba 2020 Meroket, Triputra Agro Persada (TAPG) Tebar Dividen Rp300 Miliar

  • Emiten kelapa sawit, PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020 pada akhir pekan lalu. Dalam agenda tersebut, para pemegang saham menyetujui adanya pembagian dividen tunai.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten kelapa sawit, PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020 pada akhir pekan lalu. Dalam agenda tersebut, para pemegang saham menyetujui adanya pembagian dividen tunai.

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis perseroan, dikutip Selasa, 29 Juni 2021, disebutkan bahwa Triputra Agro Persada akan membagikan dividen sebanyak Rp300 miliar kepada para pemegang sahamnya.

Dana dividen tersebut berasal dari laba bersih perseroan pada tahun 2020 sebesar Rp911 miliar. Selain untuk pembagian dividen, sekitar 20% atau Rp397 miliar akan dialokasikan sebagai dana cadangan wajib. Sedangkan, sisanya Rp214 miliar bakal digunakan sebagai modal kerja perseroan.

Sepanjang tahun lalu, TAPG membukukan laba bersih tahun berjalan sebanyak Rp933 miliar. Nilai ini meroket hingga 397,3% year-on-year (yoy) dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya senilai Rp188 miliar.

Dalam RUPST tersebut, perseroan juga mengumumkan nilai hasil penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sebesar Rp160 miliar. Angka ini telah dikurangin biaya-biaya dalam menyelenggarakan aksi korporasi tersebut.

Adapun hasil dana IPO digunakan untuk modal kerja dan peningkatan penyertaan modal perseroan pada sejumlah anak usaha. Di antaranya PT Agro Multi Persada (AMP) yang kemudian akan disalurkan kepada anak usaha AMP, PT Sukses Karya Mandiri (SKM) untuk belanja modal dan modal kerja sehubungan dengan pembangunan pabrik kelapa sawit SKM di Kalimantan Tengah. (LRD)