<p>Gedung Bank Danamon. / Danamon.co.id</p>
Korporasi

Laba Bank Danamon (BDMN) Meroket 65% Capai Rp860 Miliar di Kuartal I-2022

  • Capaian laba ini tidak lepas dari kian eratnya sinergi perusahaan dengan Adira Finance dan MUFG, serta peningkatan kapabilitas dan kemitraan digital yang kami lakukan secara berkelanjutan.
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) mencatatkan laba bersih Rp860 miliar per 31 Maret 2022, naik 65% secara tahunan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Capaian laba ini tidak lepas dari kian eratnya sinergi perusahaan dengan Adira Finance dan MUFG, serta peningkatan kapabilitas dan kemitraan digital yang kami lakukan secara berkelanjutan.

Presiden Direktur Bank Danamon Indonesia Yasushi Itagaki mengatakan dengan menerapkan strategi pemilihan kredit yang berhati-hati, kredit pada segmen Enterprise Banking (EB) Danamon mencapai Rp61 triliun, meningkat 10% year-on-year (YoY). 

“Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” kata dia dalam keterangan resmi dikutip Rabu, 27 April 2022.

Ditambahkan, pada periode yang sama, Adira Finance, anak perusahaan Danamon, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru sebesar 33% dibandingkan kuartal I-2021.

Sementara dana murah atau Giro dan Tabungan (CASA) naik 12% secara tahunan dengan rasio CASA mencapai 60,5%, naik dari 54,7% yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu. 

Kualitas aset Danamon juga terus menunjukkan peningkatan. Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209% pada kuartal I-2022, dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 177%. 

Di kuartal I 2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8% sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup COVID restructured loans under forbearance sebesar 15,4%, membaik 60bps dibandingkan tahun sebelumnya. 

Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan pertumbuhan Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9% dan laba operasional yang tumbuh 49% year-on-year. 

Terkait digital banking, Danamon terus menambah kemitraan dengan perusahaan teknologi keuangan (FinTech) seperti CekAja.com dan CariNih untuk program onboarding online, serta dengan Dana untuk program Application Programming Interface (API) onboarding dan direct debit. 

Selian itu, dilakukan inovasi atas D-Bank PRO dengan meluncurkan D-Wallet untuk Android dan D-Save Online Onboarding. 

Pada 31 Maret hingga 10 April 2022 lalu,  Danamon, Adira Finance dan MUFG berpartisipasi di acara Indonesia International Motor Show Hybrid 2022 (IIMS), 

Untuk pembiayaan otomotif, sekitar Rp300 miliar atau sejumlah kurang-lebih 2.000 pengajuan kepemilikan kendaraan roda empat dan roda dua telah diterima selama periode IIMS 2022 – jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan proses evaluasi yang terus berjalan. 

Selanjutnya, kerja sama dengan berbagai pengembang properti menghasilkan pengajuan kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan total nilai properti sekitar Rp100 miliar. Danamon juga berhasil memperoleh lebih dari 3.000 pengajuan baru untuk rekening tabungan dan kartu kredit.