Korporasi

Laba Bersih Elnusa (ELSA) Terbang 674 Persen jadi Rp291 Miliar pada Kuartal III-2022

  • PT Elnusa Tbk (ELSA) berhasil membukukan kinerja positif pada kuartal III-2022.
Korporasi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Elnusa Tbk (ELSA) berhasil membukukan kinerja positif pada kuartal III-2022. Elnusa berhasil mencetak laba bersih hingga Rp291 miliar atau terbang sebanyak 674% year on year (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp37,5 miliar.

Sejalan dengan hal tersebut, perseroan juga berhasil memperoleh pendapatan menjadi Rp8,57 triliun atau tumbuh sebesar 50% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp5,71 triliun.

“Hingga kuartal III-2022 ini, Elnusa mampu mempertahankan kinerja positif, hal ini tentunya diiringi dengan kembali bergeliatnya Elnusa di hampir seluruh segmen jasa,” kata Direktur Keuangan Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja dilansir pada Rabu, 9 November 2022.

Jika dirinci berdasarkan segmennya, jasa distribusi dan logistik energi tercatat sebesar Rp5,09 triliun. Kemudian, jasa hulu migas terintegrasi tercatat sebesar Rp2,80 triliun, dan jasa penunjang migas sebesar Rp677,48 miliar.

Bachtiar menambahkan, lonjakan pendapatan usaha dan laba bersih Elnusa saat ini juga beriringan dengan kenaikan harga saham yang sempat menyentuh angka Rp394 pada penutupan 4 November 2022.

Seiring naiknya pendapatan, beban pokok pendapatan perseroan tercatat sebesar Rp7,91 triliun. Per September 2022 untuk total nilai aset ELSA tumbuh 19,82% menjadi Rp8,66 triliun, dari posisi akhir tahun lalu yang sebesar Rp7,23 triliun. Sementara liabilitas perseroan tercatat sebesar Rp4,62 triliun dan ekuitas sebesar Rp4,04 triliun.

Kinerja Elnusa secara konsolidasi pada kuartal III-2022 juga didukung oleh sejumlah proyek pekerjaan diantaranya, pada segmen jasa distribusi dan logistik energi terjadi peningkatan kinerja pada unit jasa transportasi BBM dan manajemen depo.

Saat ini perseroan tengah mengerjakan beberapa unit bisnis di hulu seperti hydraulic workover, drilling fluid, well testing, coiled tubing unit, cementing dan wireline logging. Sementara itu pada jasa seismik Elnusa baru saja menyelesaikan proyek seismic 2D KKP menggunakan teknologi vibroseis dan 3D sungai buluh pulau panjang pada September lalu.