Elnusa
Nasional

Laba Bersih ELSA Melejit 976 Persen, Berikut Pendongkraknya

  • Anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PT Elnusa Tbk (ELSA) mencatat laba bersih senilai Rp226 miliar pada semester I-2022
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PT Elnusa Tbk (ELSA) mencatat laba bersih senilai Rp226 miliar pada semester I-2022. Angka tersebut tumbuh 976% dari periode yang sama di tahun 2021. 

Direktur Keuangan Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan realisasi laba bersih tersebut telah melampaui target yang telah ditetapkan.

"Kenaikan laba bersih tersebut sekaligus menjadi momen atas perbaikan tekanan yang terjadi di awal pandemi COVID," kata Bachtiar dalam acara Public Expo yang diselenggarakan secara daring pada Kamis, 15 September 2022.

Ia menambahkan bahwa selama enam bulan berjalan pada tahun ini, ELSA secara konsolidasi mencatatkan kinerja keuangan yang cukup gemilang pada semua segmen usaha.

Hal tersebut menurutnya didukung oleh mulai membaiknya kondisi perekonomian di Indonesia serta aktivitas yang mulai kembali berjalan normal secara signifikan.

Perlu diketahui, capaian laba bersih perseroan sejalan dengan pendapatan usaha yang meningkat 46% year-on-year (yoy) dari Rp3,71 triliun menjadi Rp5,42 triliun pada semester I-2022.

Adapun komposisi kontribusi pada jasa distribusi dan logistik energi 58%, segmen jasa hulu migas 33%, serta jasa penunjang 9%.

"Kami memproyeksikan di sisa bulan tahun 2022, kinerja Elnusa akan semakin kokoh," tambah Bachtiar.

Bachtiar menambahkan hal tersebut disokong dengan adanya peningkatan aktivitas jasa hulu migas khususnya dalam kegiatan seismic dan well services serta adanya peningkatan kebutuhan BBM yang sudah kembali normal. 

Selain itu, kinerja keuangan juga dipoles  oleh kenaikan volume thruput untuk segmen jasa distribusi dan logistik energi. Di mana kenaikan terjadi pada unit jasa transportasi BBM, manajemen depo, maupun bisnis perdagangan BBM industri marine.

Sementara pada segmen jasa hulu migas, kenaikan aktivitas seismic juga turut mendongkrak pendapatan usaha perseroan.

Saat ini, Elnusa tengah mengerjakan Survei Seismik 2D Vibroseis Jawa sepanjang 1.000 km. Selain itu, Elnusa juga mengerjakan pekerjaan workover, yaitu HWU di Pertamina Group dan mendukung pekerjaan drilling pada sumur eksplorasi di area Sangasanga menggunakan RIG-EMR01 dengan catatan baik, proyek tersebut berjalan sesuai dengan rencana.