Tidak Hanya Mencegah Boros, Ini Keuntungan Berbelanja Barang Bekas
Tekno

Ladang Cuan! 5 Rekomendasi Aplikasi untuk Jual Barang Bekas

  • Simak beberapa rekomendasi aplikasi jual barang bekas yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh uang tambahan. Selamat mencoba!

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Berjualan barang-barang bekas yang tidak lagi digunakan di rumah adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Tidak hanya itu, dengan menjual barang-barang tersebut, rumah Anda bisa jadi lebih bersih, rapi, dan tidak menimbulkan stres.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjual barang-barang yang menumpuk di rumah, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi atau layanan online berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Jual Beli Barang Bekas

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai dan menumpuk di dalam rumah.

1. Facebook Marketplace

Mungkin Anda berpikir bahwa Facebook saat ini mulai ditinggalkan banyak orang, apalagi dengan adanya Instagram dan Twitter. Akan tetapi, Facebook ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan barang bekas.

Hal ini karena Facebook menyediakan Facebook Marketplace, suatu layanan jual beli online tanpa memungut biaya aplikasi sepeserpun bagi Anda yang berjualan barang di forum tersebut. Anda juga bisa menggunakan pencarian forum jual beli yang lebih spesifik seperti memberikan keterangan lokasi agar semakin tinggi peluang barang Anda untuk segera laku terjual.

2. Carousell

Carousell adalah salah satu e-commerce yang menjadi favorit bagi banyak orang untuk berjualan barang bekas secara online. Pada umumnya, Carousell menjadi tempat yang dituju untuk mencari barang bekas keperluan wanita, seperti barang fashion, tas, baju, makeup, dan sebagainya. 

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan aplikasi ini Anda gunakan untuk menawarkan barang Anda, baik itu gadget, perabot rumah tangga, alat-alat membuat kerajinan, cat air, dan sebagainya. Aplikasi ini bahkan juga menyediakan fitur untuk menawar harga yang mungkin akan menarik para pembeli untuk berkunjung ke lapak jualan Anda.

3. Prelo

Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas, mirip seperti Carousell. Anda bisa menjual berbagai barang yang saat ini menumpuk di rumah dan tidak digunakan lagi, seperti barang-barang fashion, perlengkapan perawatan bayi, furnitur, dan alat-alat kerajinan serta hobi. Jangan khawatir, website ini bahkan menyediakan sistem pembayaran menggunakan rekening bersama untuk meminimalisir adanya kasus penipuan.

4. Shopee

Shopee adalah salah satu aplikasi e-commerce yang memudahkan Anda untuk membeli barang secara online. Tidak menutup kemungkinan, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menjual barang-barang preloved atau bekas yang Anda miliki. Bahkan, cara menjual dan membeli barang bekas di Shopee juga relatif mudah dan Shopee memiliki banyak pengguna, itu artinya kemungkinan barang Anda ditemukan oleh pembeli akan semakin tinggi.

5. Tokopedia

Hampir sama seperti Shopee, Tokopedia adalah salah satu aplikasi e-commerce yang memiliki banyak pengguna. Anda bisa memanfaatkan Tokopedia untuk menjual barang-barang Anda yang sudah menumpuk di dalam rumah agar Anda bisa memperoleh uang tambahan.

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi jual barang bekas yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh uang tambahan. Selamat mencoba!