<p>Karyawan menghitung mata uang Rupiah di salah satu tempat penukaran uang atau Money Changer di kawasan Melawai, Jakarta, Senin, 9 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Lagi, Bappebti Blokir 105 Situs Palsu Bidang PBK

  • JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memblokir 105 domain situs ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK). Dengan demikian, total ada 273 domain palsu yang diblokir sejak Januari 2021. Kepala Bappebti Sidharta Utama menyebut, antusiasme masyarakat dalam bertransaksi di bidang PBK meningkat selama pandemi. “Untuk itu, pengawasan dan pengamatan […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memblokir 105 domain situs ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK).

Dengan demikian, total ada 273 domain palsu yang diblokir sejak Januari 2021.

Kepala Bappebti Sidharta Utama menyebut, antusiasme masyarakat dalam bertransaksi di bidang PBK meningkat selama pandemi.

“Untuk itu, pengawasan dan pengamatan perlu diperketat untuk mencegah adanya potensi kerugian masyarakat,” ungkapnya dalam siaran resmi yang diterima TrenAsia.com, Jumat, 16 April 2021.

Penindakan ini dilakukan sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

Masyarakat pun diimbau untuk tidak mudah terbujuk oleh berbagai penawaran dari oknum yang menjanjikan keuntungan dari transaksi di bidang PBK. Hal ini terutama untuk penawaran pendapatan tetap (fixed income) maupun pembagian keuntungan (profit sharing).

“Jangan mudah menyetorkan dana ke rekening tertentu, bahkan ke rekening atas nama pribadi yang memberikan janji keuntungan dalam persentase dan  jangka waktu tertentu,” tambahnya.

Penawaran tersebut biasanya disertai dengan bonus atau komisi jika berhasil merekrut anggota baru sebagai downline. Modus ini dianggap sebagai salah satu bentuk penipuan.

Maka, sebelum memutuskan untuk berinvestasi di PBK, masyarakat diharapkan selalu mengecek legalitas pialang berjangka dan kewajaran keuntungan yang ditawarkan.

Adapun untuk mengetahui legalitas pialang berjangka, dapat dilihat melalui situs web https://www.bappebti.go.id.