<p>Jalan Tol Cinere-Serpong dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap beroperasi / Dok. Jasa Marga</p>
Korporasi

Lagi, BUMN Waskita Karya Jual 2 Ruas Tol Rp2,07 Triliun

  • Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WKST), PT Waskita Toll Road (WTR) melepas 20% saham di Ruas Tol Semarang-Batang dan 34,99% saham di Ruas Tol Cinere-Serpong kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan nilai Rp2,07 triliun.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WKST), PT Waskita Toll Road (WTR) melepas 20% saham di Ruas Tol Semarang-Batang dan 34,99% saham di Ruas Tol Cinere-Serpong kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) alias SMI dengan nilai Rp2,07 triliun.

SMI sendiri merupakan perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur pelat merah yang mengempit 10,62% saham WTR. Sementara, penandatanganan akta jual beli kedua ruas tol tersebut dilaksanakan melalui skema konversi saham dengan nilai transaksi tahap pertama sebesar Rp1,55 triliun.

Dalam perjanjian tersebut, para pihak sepakat melakukan transaksi jual beli saham pada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) dan PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) dengan menggunakan skema konversi saham SMI di WTR kepada PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT).

Pada kesempatan yang sama, Waskita Karya dan SMI turut menandatangani akta jual beli bersyarat alias conditional sale purchase agreement (CSPA) untuk pengalihan sebagian saham SMI di WTR kepada Waskita Karya.

Direktur Utama Waskita Toll Road, Septiawan Andri Purwanto mengatakan bahwa transaksi WTR di CSJ senilai Rp550 miliar dan di JSB sebesar Rp1 triliun. Sedangkan, sisanya sebanyak Rp515 miliar akan dibayar SMI kepada WTR secara tunai.

“Kegiatan ini merupakan strategi WTR untuk memperoleh pendanaan pembangunan konsesi jalan tol yang kami miliki, serta mendukung percepatan penyelesaian konstruksi jalan tol yang dapat meningkatkan perkembangan infrastruktur di Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 1 Juli 2021.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 1 Juli 2021 disebutkan bahwa WTR telah menjual dan menyerahkan sebagian kepemilikan sahamnya pada JSB sebanyak 826.312.880 lembar saham.

Nilai itu setara dengan 20% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor pada JSB kepada Kontrak Investasi Kolektif Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol (RDPT SAMJT) dengan nilai transaksi sebesar Rp1,51 triliun.

Dengan demikian, kepemilikan saham WTR di JSB sebesar 40% saat ini menjadi 20% milik SMI, dan 20% dalam bentuk Reksa Dana Penyertaan Terbatas Samuel Jalan Tol. Sedangkan, pemilik saham JSB lainnya yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) dengan porsi 43,77%, dan PT Lintas Marga Jawa sebanyak 16,23%. (SKO)