Screenshot_2022-01-05 Rare Weather Event Caused It to Rain Fish in East Texas Last Week.png
Dunia

Lagi, Fenomena Hujan Ikan Terjadi di Texas

  • Warga sebuah kota di selatan Texas melaporkan melalui media sosial mengenai hujan ikan yang terjadi di kota itu pada akhir tahun 2021.

Dunia

Fadel Surur

TEXAS – Warga sebuah kota di selatan Texas melaporkan melalui media sosial mengenai hujan ikan yang terjadi di kota itu pada hari Rabu, 29 Desember 2021.

Pemerintah Kota Texarkana mengonfirmasi melalui unggahan di Facebook bahwa hujan ikan memang terjadi saat badai pada hari itu.

Hujan ikan ini adalah bentuk “hujan hewan” yang memang jarang terjadi. Fenomena ini kemungkinan terjadi saat ada perpaduan antara cuaca yang tepat dan ikan-ikan atau hewan yang cukup ringan bobotnya. Cuaca tepat yang dimaksud adalah hujan deras dan angin sangat kencang, menurut penjelasan dari Library of Congress.

“Hujan hewan adalah sebuah fenomena yang muncul saat hewan-hewan kecil di air seperti katak, kepiting, dan ikan-ikan kecil tersapu angin puting beliung atau angin kencang. Hewan-hewan itu pun jatuh bersamaan dengan air hujan,” seperti dikutip oleh TrenAsia.com dari akun resmi The City of Texarkana, Texas di Facebook pada 5 Januari 2022.

 “Saya rasa fenomena ini cukup keren. Saya langsung menyiapkan ember dan mengambil ikan-ikan itu untuk umpan pancing,” ujar salah satu warga seperti dikutip dari KSLA.

Hal yang sama sempat terjadi di California pada tahun 2017, ketika petugas di sebuah sekolah dasar di Oroville melaporkan bahwa 100 ikan jatuh dari langit dan ke lingkungan sekolah, seperti dikutip dari CNN