<p>Konglomerat pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo / Mediacom.co.id</p>

Lagi, Konglomerat Pemilik MNC Grup Hary Tanoe Bisnis E-Commerce Lewat AladinMall

  • Setelah sebelumnya gagal berbisnis e-commerce lewat Rakuten, konglomerat Hary Tanoesoedibjo, pemilik MNC Group, kembali mencoba peruntungan di bisnis serupa.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Setelah sebelumnya gagal berbisnis e-commerce lewat Rakuten, konglomerat Hary Tanoesoedibjo, pemilik MNC Group, kembali mencoba peruntungan di bisnis serupa.

Hary Tanoe merambah bisnis e-commerce lewat perusahaan online travel agent (OTA) Mister Aladin seiring semakin meningkatnya tren belanja daring di masa pandemi dengan meluncurkan layanan AladinMall.

CEO Mister Aladin Veranika Gunawan mengatakan, kehadiran AladinMall diharapkan dapat memudahkan konsumen membeli kebutuhan harian. Mengingat, pandemi menyebabkan kegiatan masyarakat jadi serba terbatas, termasuk untuk rekreasi dan belanja.

“Kami memahami keinginan masyarakat untuk memperoleh produk berkualitas dengan harga terbaik. Jadi kami menyediakannya di platform kami,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 27 Desember 2020.

Ia bilang, minat belanja online masyarakat Indonesia semakin meningkat di masa seperti sekarang. Sehingga, makin banyak orang membeli kebutuhan harian secara daring.

Hal ini berdasarkan survei dari MarkPlus Inc yang menunjukkan lonjakkan aktivitas belanja daring dari 4,7% menjadi 28,9% setelah pandemi terjadi. Responden terdiri dari usia 25-34 tahun dan mayoritas berdomisili di wilayah Jabodetabek.

Sementara, data dari PricewaterhouseCoopers (PWC) hasil survei Global Consumer Insights 2020 menunjukkan produk-produk populer selama pandemi. Selain produk kesehatan, bahan makanan jadi produk kedua terbesar yang diincar konsumen Indonesia, sebesar 67%.

Manfaatkan Peluang di Tengah Pandemi

Veranika menyebut, pagebluk juga berdampak pada lini perekonomian bangsa. Sebab itu, bagi dia perlu adanya penguatan daya beli masyarakat.

“AladinMall adalah bentuk dukungan terhadap langkah pemerintah agar masyarakat bisa belanja dengan nyaman dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang disarankan pemerintah, yaitu menjauh dari keramaian,” tambahnya.

Sedangkan, COO Mister Aladin Nitha Sudewo menuturkan, dalam situasi yang serba terbatas, pihaknya terus berinovasi dalam melayani konsumen. Melalui AladinMall, ia ingin memperluas layanan yang dapat dinikmati oleh para konsumen.

“Selain dapat memesan beragam kebutuhan traveling, para user kami kini juga dapat belanja kebutuhan harian dalam satu tempat,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, Mister Aladin diluncurkan pada November 2015 lalu dan berada di bawah naungan MNC Group.

Perusahaan ini awalnya menyediakan layanan pemesanan dan pembayaran kebutuhan traveling, seperti hotel, tiket pesawat, tiket kereta, dan tur. (SKO)