Kereta Bima saat memakai rangkaian kereta tidur (Foto: Santo Tjokro)
Transportasi dan Logistik

Lajur Rel Wates Kembali Normal, Kereta Bisa Melaju 80 km/jam

  • Lajur perjalanan kereta api di wilayah wates yang sebelumnya terjadi kecelakaan telah pulih sepenuhnya ke kondisi normal, sehingga memungkinkan kereta api melintas dengan kecepatan normal hingga 80 km/jam di jalur rel antara Stasiun Sentolo dan Stasiun Wates.

Transportasi dan Logistik

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan lajur perjalanan kereta api di wilayah wates yang sebelumnya terjadi kecelakaan telah pulih sepenuhnya ke kondisi normal. 

Penyelidikan dan upaya perbaikan yang intensif telah membuahkan hasil yang positif, sehingga memungkinkan kereta api melintas dengan kecepatan normal hingga 80 km/jam di jalur rel antara Stasiun Sentolo dan Stasiun Wates.

Dilansir  dari bumn.go.id , Senin, 23 oktober 2023, Perbaikan jalur rel ini dilakukan oleh sekitar 60 personel yang dikerahkan. Petugas perbaikan menggunakan peralatan perawatan jalan rel yang meliputi 2 unit MTT dan 1 unit PBR. Selain tenaga manusia yang terampil, material yang gunakan dalam proses perbaikan ini termasuk 350 bantalan rel, 200 meter potongan rel, dan 400 m3 batu kricak. KAI telah memastikan bahwa langkah-langkah ini telah mendukung pemulihan jalur rel sehingga dapat dilalui secara normal.

Peristiwa anjloknya KA 17 Argo Semeru sempat menyita perhatian banyak kalangan, KAI telah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Kementerian Perhubungan untuk melakukan investigasi menyeluruh terkait kejadian tersebut. Untuk meningkatkan keselamatan dan keandalan sistem, langkah-langkah antisipasi dan perbaikan telah tertuang dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Alat Material Untuk Siaga (AMUS).

Direktur Utama KAI, Budi Karya Sumadi, menjelaskan dalam sistem AMUS, KAI telah menyiapkan segala hal yang diperlukan, mulai dari kesiapan peralatan dalam penanganan gangguan di jalur rel hingga ketersediaan material cadangan prasarana. Selain itu, KAI juga memastikan bahwa personil yang terlibat memiliki pelatihan yang memadai.

Langkah-langkah yang diambil oleh KAI ini menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan keselamatan dan keandalan perjalanan kereta api di seluruh wilayah Indonesia. Dengan pemulihan jalur rel dan perbaikan prosedur yang telah selasai, KAI Berharap masyarakat akan terus percaya pada kereta api sebagai sarana transportasi yang aman, efisien, dan andal.

KAI juga berupaya untuk menjaga standar tinggi dalam layanan kereta api, menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama, serta mendukung perkembangan dan pertumbuhan sistem transportasi kereta api di Indonesia. Keselamatan dan kenyamanan penumpang tetap menjadi fokus utama dalam upaya perusahaan untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi semua.