Sepatu Air Jordan "The Last Dance" sukses menjadi sepatu termahal di dunia.
Dunia

Laku Rp33 Miliar, Air Jordan ‘The Last’ Dance’ jadi Sepatu Termahal

  • Rumah lelang Sotheby’s berhasil menjual sepatu Air Jordan yang dipakai Michael Jordan di final NBA 1998 senilai US$2,238 juta atau setara Rp33,2 miliar.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Rumah lelang Sotheby’s berhasil menjual sepatu Air Jordan yang dipakai Michael Jordan di final NBA 1998 senilai US$2,238 juta atau setara Rp33,2 miliar. Angka tersebut memecahkan rekor sepatu termahal yang sebelumnya juga dipegang merek Air Jordan pada September 2021. 

Saat itu Air Jordan yang dikenakan Jordan pada awal kariernya di NBA laku US$1,472 juta atau setara Rp22 miliar. Sepatu Air Jordan yang memecahkan rekor tersebut merupakan sepatu untuk laga terakhir atau “the last dance” bagi Michael Jordan bersama Chicago Bulls di ajang NBA. 

Jordan mengenakan sepatu Air Jordan XIII Bred itu pada game kedua final NBA 1998 melawan Utah Jazz, 5 Juni 1988. Dalam laga tersebut, Jordan mencetak 37 poin, lima rebound dan tiga assist yang mengantarkan Bulls unggul 93-88. Bulls kemudian keluar sebagai juara dan Jordan dinobatkan sebagai MVP di musim terakhirnya bersama Bulls.   

Kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby, Brahm Wachter, mengatakan nama besar Michael Jordan terbukti belum luntur dengan tingginya harga Air Jordan tersebut. Menurut Wachter, pencapaian sepatu milik Jordan menjadi bukti tambahan bahwa memorabilia atlet masih sangat dicari. “Pemecahan rekor hari ini semakin membuktikan bahwa permintaan untuk memorabilia olahraga Michael Jordan terus unggul dan melampaui semua ekspektasi,” ujar Wachter dilansir dari Fox, Rabu 12 April 2023. 

Ada kisah unik di balik Air Jordan yang memecahkan rekor tersebut. Usut punya usut, sepatu itu sebenarnya telah diberikan Jordan pada seorang ball boy dari tim Utah Jazz. Jordan berutang pada ball boy tersebut karena menemukan jaketnya yang sempat hilang. Sang bocah kemudian dihadiahi sepatu oleh Michael Jordan plus tanda tangan. 

Sotheby's tidak menjelaskan dari mana mendapatkan barang tersebut. Namun mereka mengatakan sepatu itu didapat bukan dari penerima aslinya. Rumah lelang itu juga tidak menyebutkan nama pembeli sepatu berukuran 13 tersebut.