Photo by Hassan OUAJBIR: https://www.pexels.com/photo/woman-doing-hand-heart-sign-1535244/
Gaya Hidup

Lakukan 5 Hal Berikut untuk Tingkatkan Self Esteem

  • harga diri yang rendah terkait dengan masalah kesehatan mental dan berfungsi sebagai kriteria diagnostik untuk beberapa masalah kesehatan mental.

Gaya Hidup

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Self esteem atau harga diri adalah pikiran, perasaan, dan pandangan seseorang atas diri mereka sendiri. Beberapa orang juga mengaitkan self esteem dengan self love.

Berbagai penelitian telah menemukan hubungan self esteem dengan kesehatan mental dan kebahagiaan. Seperti penelitian yang dilakukan oleh American Psychiatric Association pada tahun 2013 yang menyatakan bahwa harga diri yang rendah terkait dengan masalah kesehatan mental dan berfungsi sebagai kriteria diagnostik untuk beberapa masalah kesehatan mental.

Menyambung, penelitian yang dilakukan pada oleh Baumester dan timnya menunjukkan bahwa terlepas dari variabilitas lintas budaya, biasanya mereka yang memiliki harga diri lebih tinggi akan merasa lebih puas, lebih bahagia, dan memiliki lebih sedikit suasana hati negatif.

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan self esteem Anda.

1. Bersikap baik kepada diri sendiri

Banyak orang yang besikap begitu baik kepada orang lain seperti keluarga, teman, bahkan orang asing. Namun menjadi begitu kejam terhadap diri mereka sendiri.

Hal ini tentu menghambat upaya Anda untuk meningkatkan self esteem. Maka, hal yang bisa Anda lakukan adalah mulai bersikap baik kepada diri sendiri misalnya identifikasi apa yang membuat Anda bahagia dan apa yang Anda hargai dalam hidup. Hal ini membantu Anda dalam pengambilan keputusan yang menyangkut tentang diri dan kehidupan Anda.

Selain itu mulailah untuk berfikiran positif dan mengatakan hal-hal yang positif tentang diri sendiri. Anda juga perlu untuk berlatih mengatakan tidak jika Anda tipe people pleaser yang gemar menyenangkan orang lain tanpa mempedulikan perasaan Anda sendiri.

2. Mengenali hal-hal positif tentang diri

Mengenali hal-hal positif tentang diri Anda dapat bermula dari menulis daftar hal-hal yang Anda sukai tentang diri Anda.

Anda juga dapat menanyakan hal ini kepada orang lain. Apa yang kira-kira mereka sukai tentang diri Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda.

3. Melakukan kegiatan self care

Banyak aspek self care yang bisa Anda eksplorasi setiap harinya. Mulai dari self care pada fisik, kebersihan diri, hingga pola makan dan kesehatan mental.

Survei nasional yang dilakukan kepada penduduk Amerika menunjukkan hasil bahwa self care bisa meningkatkan kepercayaan diri hingga 64%, produktivitas hingga 67% dan kebahagiaan hingga 71%.

4. Membangun support system

Membangun koneksi dengan orang-orang yang bisa mendukung Anda apapun kondisinya dapat membantu banyak. Bagi sebagian orang, mungkin terasa sulit untuk membangun hubungan dan menghabiskan waktu bersama orang lain. Namun, jika orang-orang ini adalah mereka yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri maka tujuan Anda akan mudah tercapai.

Support system membantu Anda untuk menghadapi masa-masa sulit dan tentu saja ini berdampak sangat baik untuk self esteem Anda.

5. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Di atas langit masih ada langit. Selalu ada orang-orang yang lebih sukses, lebih cantik atau tampan, dan lebih kaya dari Anda.

Jangan terjebak dengan ini. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan mematikan potensi dan kebahagiaan Anda dalam sekejap. Termasuk juga kepercayaan diri dan harga diri Anda.

Alih-alih membandingkan dengan orang lain, fokuslah pada diri Anda dan perjalanan hidup Anda. Hidup Anda tak kalah luar biasa dari orang lain karena setiap orang memiliki pengalaman mereka masing-masing. Jadi berhentilah membandingkan diri karena itu hanya membuang-buang waktu dan energi Anda.  

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan self esteem. Semoga bermanfaat!