Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/man-wearing-gray-blazer-in-the-office-6814525/
Gaya Hidup

Lakukan Hal Ini saat Dikucilkan di Tempat Kerja

  • Dikucilkan di tempat kerja menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Hal yang seharusnya dikerjakan bersama sama harus dilakukan sendirian tanpa ada teman dan rekan untuk berbagi keluh kesah.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Dikucilkan di tempat kerja menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Hal yang seharusnya dikerjakan bersama sama harus dilakukan sendirian tanpa ada teman dan rekan untuk berbagi keluh kesah.

Hal ini semakin terasa jika waktu Anda sebagian besar dihabiskan di tempat kerja.Anda akan semakin merasa tak nyaman sehingga menyebabkan Anda ingin segera keluar dari lingkungan kantor tempat Anda bekerja.

Banyak hal yang menyebabkan Anda dikucilkan di tempat kerja. Entah faktor tersebut berasal dari sikap yang tidak disadari atau hasutan dari pihak luar.

Demi menjaga kewarasan diri Anda, berikut hal yang bisa dilakukan saat menemukan bahwa diri Anda sedang dikucilkan dalam lingkungan kerja.

1. Introspeksi Diri

Saat terkucilkan di tempat kerja, penyebabnya bisa jadi berasal dari diri Anda atau orang lain yang tak senang pada Anda. Namun, jangan terlalu cepat menuduh. Ambil sedikit napas dan mulai lakukan introspeksi diri.

Coba pikirkan, selama Anda bekerja, apa yang membuat rekan kerja tak senang terhadap Anda atau kesalahan yang pernah dilakukan sehingga menyebabkan hal fatal pada pergaulan.

Ketika sudah mengetahui alasan dibalik pengucilan Anda di tempat kerja, maka Anda bisa akan segera mengambil solusi.

Sebagai gambaran, jika Anda dikucilkan lantaran terlalu ambisius dengan saran Anda dan tak mau mendengar pendapat orang, Anda bisa mengubah perilaku tersebut.

2. Mendekati Rekan Kerja

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah mulai mendekati rekan kerja Anda. Bisa jadi sebetulnya Ada tidak dikucilkan, namun merasa terkucilkan lantaran belum akrab.

Di sisi lain, jika Anda betul-betul dikucilkan, maka dengan mendekati rekan kerja terlebih dahulu Anda bisa menemukan alasan mengapa rekan menjauhi Anda.

3. Bangun Interaksi Informal

Saat jam istirahat, Anda dapat memulai percakapan dengan rekan kerja, meskipun itu hanya obrolan ringan. Ini akan membantu kamu mengembangkan hubungan yang lebih baik.

Jika beberapa rekan kerja dengan santai mendiskusikan pengalaman traveling-nya, Anda bisa menimpali. Ini akan menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk ikut masuk dalam circle tanpa terlihat putus asa atau menuntut untuk diikutsertakan.

4.Meminta Maaf

Jika kita merasa memiliki kesalahan yang membuat rekan kerja mengucilkan Anda, maka jangan ragu untuk meminta maaf. Dengan saling bermaafan diharapkan hubungan menjadi lebih baik lagi dan tidak ada lagi yang dikucilkan.