<p>Kawasan superblok Ciputra World milik Grup Ciputra. / Ciputraworldjakarta.com</p>
Industri

Lampaui Target, Ciputra Development (CTRA) Raup Marketing Sales Rp7,4 Triliun pada 2021

  • PT Ciputra Development Tbk (CTRA) meraih marketing sales sebesar Rp7,4 triliun dari empat proyek andalan tahun lalu.
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Emiten Properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil meraih pendapatan prapenjualan (marketing sales) senilai Rp7,4 triliun sepanjang 2021. Capaian ini melebihi target marketing sales perseroan sebesar Rp5,9 triliun untuk tahun lalu.

Perolehan tersebut juga naik 35% dibandingkan dengan marketing sales CTRA pada kondisi sebelum COVID-19 sebesar Rp6,1 triliun pada 2019.

Dilansir dari keterangan resmi, Kamis, 20 Januari 2022 diungkapkan ada berbagai faktor yang membuat keberhasilan target pendapatan 2021 tercapai. Salah satunya program insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) yang membantu penjualan stok persediaan serta peluncuran proyek baru. 

“Kontribusi yang diberikan PPN DTP terhadap produk milik Ciputra Development mencapai 27%  dari total marketing sales yang diperoleh,” tulis manajemen CTRA.

Sedangkan, pada proyek baru yang diluncurkan CTRA, segmen rumah tapak masih menjadi produk yang paling banyak diminati dengan menyumbangkan 82% total marketing sales, dengan kenaikan sebesar 22%.

CTRA berhasil meluncurkan tiga proyek baru dan 14 cluster baru di proyek eksisting sepanjang 2021. Berikut rincian marketing sales CTRA dari beberapa proyek perusahaan di 2021.

CitraLand Gama City Medan

Proyek dari CitraLand Gama City Medan menjadi kontributor terbesar yang menyumbangkan marketing sales  2021 dengan capaian hasil Rp900 miliar. Citraland Gama City Medan berhasil meluncurkan cluster residensial baru yakni Clarke Quay yang dibandrol seharga Rp3,1 miliar.

CitraLand Kota Deli Megapolitan Helvetia

Proyek Citraland Kota Deli Megapolitan Helvetian dibangun di atas lahan seluas 7 hektare (ha) di Medan, Sumatra Utara. Dari proyek ini, berhasil terkumpul marketing sales sebesar Rp464 miliar dengan keberhasilan menjual sebanyak 194 unit rumah dan kavling serta 42 unit toko. 

CitraLand Surabaya

Marketing sales yang diperoleh proyek CitraLand Surabaya berasal dari penjualan unit stok persediaan. Proyek ini berhasil menjual rumah tapak di kisaran harga di bawah Rp2 miliar sejalan dengan adanya intensif PPN DTP  yang memberikan keringan sebesar 100%.

CitraRaya Tangerang

Sepanjang 202,  proyek CitraRaya Tangerang berhasil meluncurkan enam cluster rumah baru dengan kisaran harga Rp600 juta sampai dengan Rp1,6 miliar. Respons positif dari calon pembeli untuk proyek baru satu ini karena lokasinya yang strategis dan kelengkapan fasilitas yang ada. 

CitraLand Puncak Tidar Malang

Proyek ini berada di atas lahan 32 ha  mengusung konsep Serenity at the Hill yang menawarkan 163 unit di Cluster Blue Aqua dengan harga jual dikisaran harga Rp1,2 miliar sampai dengan Rp2,5 miliar untuk rumah satu lantai dan Rp2,7 miliar sampai Rp4,6 miliar untuk rumah lantai dua.