Kereta Cepat Whoosh saat berhenti di Stasiun Halim, Sabtu 28 Oktober 2023 (Foto: Khafidz Abdulah/ Trenasia)
BUMN

Laris Manis, Pemerintah Mau Naikkan Harga Kereta Cepat Whoosh

  • Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, pihaknya tengah menjajaki harga kereta cepat Jakarta Bandung atau Whoosh di kisaran Rp200 ribu hingga Rp250.000.
BUMN
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, pihaknya tengah menjajaki harga kereta cepat Jakarta Bandung atau Whoosh di kisaran Rp200 ribu hingga Rp250.000.

Erick menyebut hal ini merupakan respons dari fenomena masyarakat yang antusias dalam menikmati Whoosh, sehingga perlu apresiasi termasuk dengan melakukan menaikan harga.

"Untuk kereta cepat Whoosh sendiri peningkatannya luar biasa secara apresiasi masyarakat dan ini yang kita sudah mulai  menjajaki harga sekarang yang tadinya Rp150.000 kita akan pelan-pelan naikin menjadi Rp200.000 sampai 250.000 ke depan," kata Erick pada saat rapat bersama dengan Komisi VI DPR, di Jakarta pada Senin, 4 Desember 2023.


Akan tetapi, ia tak merinci apakah kenaikan tarif Rp250.000 itu akan berlaku rata di hari normal dan akhir pekan. Pasalnya, saat ini harga tiket Whoosh sudah mencapai Rp250.000 untuk akhir pekan.


Untuk diketahui sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menghadirkan tarif promo untuk perjalanan bulan Desember. Harga promo ditetapkan mulai dari Rp200.000 untuk sekali perjalanan.

Pada hari Senin hingga Kamis, untuk kelas Premium Economy tiket akan dijual seharga Rp 200.000. Adapun untuk akhir pekan Jumat hingga Minggu tiket premium ekonomi dijual seharga Rp250.000.


Tarif ini sudah termasuk perjalanan KA Feeder gratis. Adapun KA Feeder tersebut akan mengantarkan penumpang dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung, begitupun sebaliknya.


Diberitakan sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali menambah perjalanan Kereta Cepat Whoosh hingga 48 perjalanan sehari pada weekend Jumat-Minggu dan 40 perjalanan sehari pada weekday Senin-Kamis pada bulan Desember 2023.


Perjalanan ini jauh lebih banyak daripada bulan November yang hanya 28 perjalanan sehari. Penambahan jadwal tersebut sekaligus menambah perjalanan KA Feeder dari Padalarang-Bandung PP. Erick mengatakan penambahan frekuensi perjalanan KA Whoosh sebab tingginya permintaan dari masyarakat.