Tekno

Laut Mati sedang Sekarat

  • Laut Mati  adalah keajaiban dunia yang sulit tertandingi. Tempat terendah di Bumi, air terapeutiknya begitu penuh dengan garam sehingga para orang dapat mengapung tepat di atas
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

TEL AVIV-Laut Mati  adalah keajaiban dunia yang sulit tertandingi. Tempat terendah di Bumi, air terapeutiknya begitu penuh dengan garam sehingga para orang dapat mengapung tepat di atas. Spa alami ini merupakan sumber mineral kaya yang digunakan oleh orang Mesir kuno untuk mumifikasi. Daerah ini juga disebut-sebut sebagai situs Sodom dan Gomora.

Tapi hari ini Laut Mati sedang sekarat. Tingkat air turun hampir 1,2 meter setiap tahun. Bagian utama danau sekarang memiliki kedalam sekitar 290 meter. Ini   sekitar 15% lebih dangkal dan sepertiga dari luas permukaan dibandingkan dengan bentuknya setengah abad yang lalu.

Laut Mati sebenarnya adalah danau yang terkurung daratan yang sebagian berada di Yordania, Israel, dan Tepi Barat yang diduduki Israel. Danau yang diberi nama Laut Mati karena salinitasnya yang tinggi tidak ramah bagi kehidupan akuatik itu telah mengering selama beberapa dekade.

Sebagaimana ditulis NPR Senin 12 Desember 2022, saat danau surut, dia mengubah lanskap di sekitarnya.  Formasi garam yang indah terungkap di mana air mengering. Tetapi ada juga pemandangan apokaliptik dari pantai yang rusak dan tempat parkir yang berlubang.

Di Laut Mati orang bisa mengapung/NPR

Solusi telah diusulkan untuk mengisi kembali Laut Mati, tetapi tidak ada tindakan signifikan yang diambil untuk mencegah kehancuran lebih lanjut. Perubahan iklim membuat rehabilitasi danau tampak semakin jauh dari jangkauan.

Sejumlah ilmuwan menyebut masalah di Laut Mati adalah buatan manusia.  Di wilayah di mana air langka, Israel, Yordania, dan Suriah dalam beberapa dekade terakhir telah mengalihkan sumber air tawar yang mengalir ke Laut Mati, untuk air minum dan irigasi. 
Selain itu  perusahaan Israel dan Yordania menguapkan air Laut Mati untuk memanen mineralnya yang kaya untuk diekspor. 

Air asin yang surut begitu cepat, meninggalkan formasi garam yang menakjubkan di sepanjang pantai. Kerikil garam kecil di pantai, jamur garam besar di pantai, dan cerobong garam tinggi yang mencuat dari dalam danau.

"Hati saya hancur karena ada begitu banyak kehancuran," kata peneliti Laut Mati Yael Kiro dari Institut Sains Weizmann Israel. "Ini akibat langsung dari penurunan permukaan danau."

Tidak ada tindakan signifikan

Sejauh ini tidak ada tindakan signifikan untuk menyelamatkan Laut Mati. Israel dan Yordania baru-baru ini mencapai kesepakatan tentang kerja sama air yang mencakup kesepakatan untuk merehabilitasi Sungai Yordan. Sumber air tawar utama yang mengalir ke Laut Mati.

"Laut Mati dan Sungai Yordan yang suci adalah harta karun masa lalu dan warisan untuk masa depan kita," kata Raja Abdullah dari Yordania pada Konferensi Perubahan Iklim PBB di Kairo pada 7 November 2022 lalu.

Bank Dunia, pemerintah Israel, dan organisasi perdamaian ekologi Timur Tengah telah mengajukan proposal untuk merehabilitasi danau tersebut. Salah satu solusi yang diusulkan adalah membangun kanal untuk mengisi Laut Mati dengan air desalinasi dari Laut Merah. Proposal lain adalah untuk meningkatkan aliran Sungai Yordan untuk membantu mengisi Laut Mati. Sepertiga akan meminta perusahaan pertambangan untuk membayar rehabilitasi danau. 

Perubahan iklim juga memiliki efek tidak langsung. Saat iklim menghangat, wilayah gurun di sekitar Laut Mati menjadi lebih panas dan curah hujan menjadi lebih jarang. Ketika populasi tumbuh, sumber daya air yang langka akan membutuhkan lebih banyak air untuk minum dan irigasi, menyisakan sedikit yang tersisa untuk mengisi Laut Mati.

"Ini sangat menyedihkan, karena solusinya [tidak] mudah dibuat, dan sangat, sangat mahal sekarang," kata Galit Cohen, Dirjen Kementerian Perlindungan Lingkungan Israel yang menerbitkan proposal terbarunya untuk menyelamatkan Laut Mati pada Juni.

Formasi garam muncul saat air surut/NPR

"Jika Anda ingin mengembalikan air ke Laut Mati, itu berarti air desalinasi ada di mana-mana," kata Cohen. "Ini tentu saja sangat, sangat mahal dan tidak semua negara di sekitar kita dapat membayar sejumlah uang itu."

Sejumlah pihak memperkirakan air mungkin turun lagi 100 meter hingga  150 meter di masa depan. Namun penurunan setinggi 100 meter  bisa memakan waktu lebih dari satu abad.

Beberapa peneliti lain optimistis bahwa Laut Mati tidak akan mencapai level serendah itu. Ini karena perusahaan Israel dan Yordania yang menambang air Laut Mati pada akhirnya akan melihat sumber dayanya menyusut.

"Ini akan terus turun sampai suatu hari akan sulit bagi [perusahaan] untuk memompa air," kata Rafi Benvenisti, yang sebelumnya menjabat sebagai penasihat senior pemerintah Israel untuk rehabilitasi Laut Mati.

Pertanyaannya adalah berapa lama keajaiban alam yang telah ada selama jutaan tahun ini akan  menghilang sebelum diambil tindakan untuk membalikkan penurunannya.