Angkasa Pura I
Nasional

Layani 142.200 Penumpang Selama KTT G20, Angkasa Pura I Sukses Atur Lalu Lintas Bandar Udara

  • PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) sukses menangani lalu lintas bandar udara selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) yang berlangsung 15-16 November 2022.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I sukses menangani lalu lintas bandar udara selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) yang berlangsung 15-16 November 2022.

Tercatat saat perhelatan KTT G20, sembilan bandara pendukung di AP I melayani rata-rata pergerakan pesawat udara sebanyak 1.195 pergerakan per hari, dengan jumlah pergerakan penumpang sebanyak 142.200 penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menjelaskan, kesuksesan dalam mengatur lalu lintas udara tak terlepas dari kerja sama maskapai penerbangan, ground handling, serta instansi stakeholders lainnya.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada maskapai penerbangan, ground handling, serta instansi stakeholders lainnya atas sinergi dan kerja samanya sehingga penerbangan yang mengangkut delegasi KTT G20 berjalan lancar," kata Faik dalam keterangan resmi, Jumat, 18 November 2022.

Faik menambahkan, selain mengatur lalu lintas pada gelaran KTT G20, AP I juga tetap mengupayakan penanganan penerbangan komersial dapat berlangsung dengan lancar dan aman di waktu yang bersamaan.

Selama periode 13-17 November 2022, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali secara khusus telah melayani sebanyak 1.622 pergerakan pesawat komersial.

Dengan rincian 893 pergerakan pesawat rute domestik dan 729 pergerakan pesawat rute internasional, dengan rata-rata jumlah pergerakan pesawat sebanyak 325 pergerakan per hari.

Sementara itu untuk pergerakan penumpang pesawat komersial, Bandara I Gusti Ngurah Rai  Bali mencatat telah melayani sebanyak 190.470 pergerakan penumpang.

"Dengan rincian 92.750 penumpang rute domestik dan 97.720 penumpang rute internasional," tambah Faik.

Faik menambahkan, adapun rata-rata harian pergerakan penumpang yang dilayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 38.094 per hari.

Sebagai informasi, AP I secara resmi menutup posko terpadu monitoring KTT G20 melalui acara penutupan yang dilaksanakan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, pada Jumat, 18 November 2022 serta diikuti secara online oleh delapan bandara pendukung KTT G20.

"Selama pelaksanaan KTT G20 lalu, kami telah memberikan pelayanan terbaik kepada para delegasi, dan yang tidak kalah penting kami juga telah berhasil menjaga operasional bandara, khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, agar dapat berjalan dengan baik, aman, lancar, dan tanpa menemukan kendala yang sangat berarti," pungkas Faik.