<p>Sumber: blogs.systweak.com</p>
Gaya Hidup

Layar Mode Gelap Ternyata Bikin Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama

  • JAKARTA – Berbagai aplikasi, media sosial, hingga pengaturan ponsel dan komputer kini banyak yang menawarkan fitur mode gelap. Fitur tersebut memberikan tampilan latar belakang berwarna hitam atau abu-abu dengan teks bewarna putih. Tak banyak diketahui orang, mode gelap ini punya kelebihan bagi penggunanya, lho. Salah satu penelitian yang dikutip Forbes menunjukkan baterai ponsel mampu bertahan […]

Gaya Hidup

Ananda Astri Dianka

JAKARTA – Berbagai aplikasi, media sosial, hingga pengaturan ponsel dan komputer kini banyak yang menawarkan fitur mode gelap.

Fitur tersebut memberikan tampilan latar belakang berwarna hitam atau abu-abu dengan teks bewarna putih. Tak banyak diketahui orang, mode gelap ini punya kelebihan bagi penggunanya, lho.

Salah satu penelitian yang dikutip Forbes menunjukkan baterai ponsel mampu bertahan lebih lama dengan layar OLED (Organic Light-Emitting Didode). Di dalamnya terdapat lapisan tipis yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Pada layar tersebut, piksel otomatis akan mati melalui tampilan warna hitam sehingga daya baterai bisa lebih hemat 63%. Terlebih apabila mode gelap yang dipakai benar-benar menggunakan warna hitam murni.

Di samping itu, mode gelap juga memberikan efek visual yang lebih menarik karena teks atau gambar akan lebih terlihat nyata dalam kegelapan, seperti diakui oleh Roman Banks, perancang aplikasi WhatsApp.

Seseorang biasanya juga akan lebih fokus sebab penggunaan mode gelap memberikan kenyamanan pada mata. Namun, di balik kelebihan tersebut, mode gelap tidak rupanya tidak begitu disarankan bagi penderita silinder. Sulitnya membedakan garis lurus, warna, kekaburan pandangan, dan tingkat sensitivitas pada cahaya adalah alasannya.