<p>Pekerja menyiapkan barang pesanan untuk dikirimkan kepada pembeli di gudang toko daring Lazada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Tekno

Lazada Berkolaborasi dengan Smoot untuk Sediakan Kendaraan Kurir yang Ramah Lingkungan

  • PT Lazada Indonesia berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia untuk penyediaan #BlueVehicle, kendaraan listrik ramah lingkungan yang akan digunakan mitra kurir (frontliner) untuk mengirimkan paket.
Tekno
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Lazada Indonesia berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia untuk penyediaan #BlueVehicle, kendaraan listrik ramah lingkungan yang akan digunakan mitra kurir (frontliner) untuk mengirimkan paket. 

Dalam kolaborasi ini, Smoot menyediakan Smoot Motor sebagai kendaraan berbasis listrik bagi frontliner Lazada Logistics di Jakarta.

Kerja sama dijalin untuk mempromosikan pengiriman paket ramah lingkungan yang mendukung tujuan jangka panjang kedua perusahaan dan menjadi bagian dari upaya Lazada untuk mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi digital melalui penyediaan solusi layanan logistik berkelanjutan. 

Upaya itu pun selaras dengan misi Smoot untuk memberikan akses bagi masyarakat Indonesia akan pemberdayaan energi yang cerdas, aman, dan ramah lingkungan melalui penggunaan baterai. 

CLO Lazada Indonesia Phillippe Auberger mengatakan, kolaborasi dengan Smoot akan menambah armada kendaraan listrik ke ekosistem logistik perusahaan sebagai bagian dari upaya mendukung Program Langit Biru Pemerintah Indonesia. 

Pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada dinyatakan oleh Auberger sebagai kontribusi nyata perusahaan untuk pembangunan ekosistem e-commerce yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kerja sama dengan Smoot ini sekaligus menjadi wujud upaya kami dalam penawaran solusi logistik berkualitas bagi bisnis di Indonesia serta penyediaan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan bagi para frontliner di Lazada Logistics, yang merupakan garda depan pengiriman paket di Lazada,” ujar Phillippe melalui keterangan resmi, Kamis, 17 Februari 2022. 

Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia Irwan Tjahaja pun mengatakan bahwa pihaknya menyambut dengan baik kolaborasi dengan Lazada dan berharap kendaraan listrik dari perusahaannya bisa memberikan kontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia. 

“Dengan beralih ke Smoot Motor yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan SWAP Battery System, frontliner Lazada Logistics dapat melakukan pengiriman dengan jangkauan lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari,” kata Irwan. 

Dengan pemakaian SWAP Battery System yang terintegrasi dengan aplikasi Swap Energi, pengguna Smoot Motor bisa memantau kondisi baterai melalui aplikasi dan selanjutnya melakukan penukaran baterai di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) di berbagai lokasi strategis di Jakarta, misalnya Alfamarta, Alfamidi, atau Shell. 

Frontliner Lazada tidak tidak perlu lagi takut kehabisan baterai di jalan atau harus menunggu berjam-jam untuk pengisian baterai motor listrik. Cukup sembilan detik waktu yang dibutuhkan untuk menukar baterai kosong dengan yang baru di SWAPPoin, frontliner Lazada siap melanjutkan perjalanan untuk mengantarkan paket ke pelanggan. Cepat, mudah, dan efisien,” imbuh Irwan.  

Melalui studi Lazada pada tahun 2020, diketahui bahwa logistik memiliki peran penting dalam pertumbuhan bisnis lokal di kanal e-commerce.

Oleh karena itu, Lazada dan Smoot berharap kerja sama yang dijalin dapat menjadi pendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia lewat penyediaan layanan logistik yang praktis dan ramah lingkungan bagi bisnis lokal di ekosistem e-commerce.

Dengan keberadaan #BlueVehicle, mitra kurir pun bisa mengirim paket dengan aman, nyaman, efisien, dan bisa membantu pengiriman yang tepat waktu. 

“Seluruh kemitraan strategis ini kami jalankan sebagai wujud komitmen kami dalam menyediakan solusi yang lebih ‘hijau’ untuk pelanggan Lazada, baik konsumen maupun bisnis yang bergabung bersama kami di Lazada,” pungkas Phillippe. 

Sebagai informasi, Lazada Group adalah penyelenggara e-commerce di Asia Tenggara yang saat ini sudah beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Sejak tahun 2016, Lazada menjadi platform utama Alibaba Group di Asia Tenggara dan didukung oleh infrastruktur teknologi kelas dunia. 

Sebelumnya, Lazada juga telah bekerja sama dengan Grab untuk penyediaan armada motor listrik di Jabodetabek, dan bersama Westbike Messenger Service untuk penyediaan mitra kurir dan armada sepeda yang tersedia di beberapa area di Jakarta dan Bandung. 

Sementara itu, Smoot adalah produsen motor listrik tanpa charge pertama di Indonesia. Hadir sebagai solusi untuk kebutuhan masyarakat yang mulai beralih ke kendaraan listrik untuk perjalanan jarak jauh, Smoot Motor menggunakan teknologi SWAP yang memungkinkan penukaran baterai di berbagai lokasi. 

Saat ini, Smoot sudah beroperasi di Jabodetabek dan Bali dengan SWAP Station yang jumlahnya lebih dari 250 titik. Untuk area Jabodetabek, SWAP Station tersedia di Alfamart, Alfamidi, dan Shell. Sementara untuk wilayah Bali, Smoot juga bekerja sama dengan Circle-K untuk penyediaan SWAP Station.