<p>KRL Yogyakarta-Solo  / Dok. Kemenhub</p>
Nasional & Dunia

Lebih Cepat 10 Menit, KRL Yogyakarta-Solo Resmi Beroperasi

  • SOLO-Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta – Solo, Senin 1 Maret 2021. KRL ini diklain lebih cepat 10 menit daripada Prambanan Ekspress (Prameks). Presiden mengatakan KRL ini merupakan transportasj massal yang ramah lingkungan. Di samping biaya operasional yang murah daripada kereta api konvensional. “Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali. Saya […]

Nasional & Dunia
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

SOLO-Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta – Solo, Senin 1 Maret 2021. KRL ini diklain lebih cepat 10 menit daripada Prambanan Ekspress (Prameks).

Presiden mengatakan KRL ini merupakan transportasj massal yang ramah lingkungan. Di samping biaya operasional yang murah daripada kereta api konvensional.

“Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali. Saya kira moda transportasi ke depan harus semuanya mengarah kepada transportasi yang ramah lingkungan,” kata Presiden Jokowi.

Kehadiran KRL diharapkan dapat menjadi pemicu sektor pariwisata setempat dan dapat mendorong pemulihan ekonomi di Yogyakarta dan Solo.

Sehari sebelum peresmian Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama rombongan KAI melakukan inspeksi dan sempat menjajal langsung KRL Yogyakarta-Solo. Rombongan berangkat dari Solo dan tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pada pukul 17.28 WIB.

Menurutnya KRL ini menjadi salah satu angkutan massal di masa depan. “Setelah Jakarta ini pertama kali, nantinya lebih baik. Walaupun ada tambahan jumlah stasiun dari 7 menjdi 11 tapi kecepatannya meningkat dari 72 menit menjadi 68 menit,” katanya.

Budi menjelaskan saat mencoba langsung naik KRL Yogyakarta-Solo dari Solo kereta sangat stabil. Menurutnya hampir tidak ada goncangan saat naik KRL Yogyakarta-Solo ini.