<p>Ilustrasi Mata Uang Kripto / Pixabay.com</p>

Lebih Mahal Dari Bitcoin, Aset Kripto YFI Melambung 330% Dalam Beberapa Hari

  • Kini YFI lebih mahal dari cryptocurrency terpopuler bitcoin yang sudah mencapai Rp180 jutaan per 1 bitcoin.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Harga aset kripto Yearn Finance (YFI) melambung 330% menjadi Rp210 juta hanya dalam hitungan hari. Kini YFI lebih mahal dari cryptocurrency terpopuler bitcoin yang sudah mencapai Rp180 jutaan per 1 bitcoin.

Awalnya, YFI dijual Rp51 jutaan pada 6 Agustus 2020 atau hari pertama mata uang kripto ini melantai di bursa Indodax. Namun, pada hari Jumat 21 Agustus 2020 pagi, YFI telah berada pada level Rp210 juta di platform bitcoin dan crypto exchange terbesar di Indonesia itu.

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan, YFI mencatatkan reli secara terus menerus selama beberapa hari semenjak dia pertama kali listing di bursa. YFI menambah daftar cryptocurrency yang mencatatkan performa fantastis dalam beberapa hari.

“YFI mencatatkan kinerja yang fantastis semenjak pertama kali listing di Indodax. Bahkan, karena kenaikan yang fantastis itu membuat YFI lebih mahal dari bitcoin,” kata Oscar melalui keterangan resmi yang diterima TrenAsia.com, Jumat 21 Agustus 2020. 

Ia mengungkapkan, kenaikan harga YFI dikarenakan sistem Decentralized Finance (DeFi) yang saat ini sedang ramai digunakan. Menurutnya, YFI merupakan salah satu cryptocurrency yang bisa masuk di sistem DeFi

Menurut perhitungan terakhir pada 17 Agustus 2020, lanjut Oscar, nilai total yang tersimpan di seluruh ekosistem DeFi melampaui US$6,4 miliar. Perluasan keseluruhan pasar DeFi telah menyebabkan nilai total yang tersimpan di YFI mencapai US$600 juta. 

DeFi mendorong permintaan YFI hingga akhirnya meningkatkan harga YFI secara drastis dalam hitungan beberapa hari saja,” tuturnya.

Apa Itu DeFi?

DeFi atau decentralized finance adalah sistem moneter yang terbuka atau open finance yang dibangun di atas teknologi blockchain. DeFi memiliki sifat desentralisasi atau tidak terpusat. DeFi sedang digandrungi karena orang-orang meyakini bahwa DeFi merupakan bentuk sistem moneter masa depan. 

Salah satu yang bisa dilakukan dengan sistem DeFi adalah peminjaman atau pendanaan dengan menjadikan cryptocurrency sebagai jaminan atau agunan. Ini tentunya banyak dimanfaatkan oleh crypto holder seperti penambang crypto dan pegiat kripto lainnya. Bahkan, juga banyak dimanfaatkan oleh investor dan industri keuangan. 

DeFi menciptakan ekosistem baru di dunia blockchain dan cryptocurrency dan membuatnya semakin populer. DeFi terbukti dapat meningkatkan harga cryptocurrency secara fantastis. Tidak hanya YFI, bitcoin dan ethereum juga meningkat dan mencatatkan rekor tertinggi semenjak tahun 2018.  (SKO)