Timnas Indonesia dalam Piala AFF Suzuki 2020.
Gaya Hidup

Leg II Final Piala AFF 2020: Laga Hidup Mati Skuad Garuda

  • Timnas Indonesia akan menghadapi laga hidup mati melawan Thailand pada leg kedua final Piala AFF Suzuki 2020, Sabtu, 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.
Gaya Hidup
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Timnas Indonesia akan menghadapi laga hidup mati melawan Thailand pada leg kedua final Piala AFF Suzuki 2020, Sabtu, 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.

Absennya beberapa pemain kunci Thailand diharapkan menjadi peluang bagi skuad Garuda untuk mencontek comeback bersejarah Barcelona saat melawan Paris Saint Germain (PSG) pada babak knockout Liga Champions Eropa musim 2016/2017 silam.

Pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia akan digelar di National Stadium, Kallang, Singapura.

Anak asuh Shin Tae-yong diharuskan menang dengan margin lima gol jika ingin menjadi juara. Sebelumnya, pada leg pertama Timnas Indonesia dikalahkan Thailand 0-4.

Keempat gol Thailans masing-masing dicetak Chanathip Songkrasin (2', 52'), Supachok Sarachat (67’), dan Bordin Phala (83’).

PSSI dalam pernyataan resmi mengatakan saat sejak beberapa hari lalu, timnas Indonesia telah menjalankan latihan fisik dan teknik.

Disebutkan bek sayap kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan Alif, yang asben pada leg pertama sudah siap turun di laga final leg kedua melawan Thailand.

"Arhan yang absen di Laga final leg pertama, percaya tidak ada yang tidak mungkin di sepak bola. Seluruh pemain Timnas Indonesia sudah semangat menyambut laga nanti," kata PSSI dikutip dari Youtube PSSI, Sabtu.

Dalam laga malam nanti, Indonesia minimal menang 4-0 sehingga memaksa Thailand bermain sampai babak tambahan waktu atau hingga adu penalti.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan tekad skuad Garuda untuk terbang lebih tinggi di Piala AFF 2020 belum usai. Meski sayap Garuda dihempas Thailand, masih ada peluang membalikkan keadaan.

"Untuk bola tidak ada yang tidak mungkin. Kita semua memberikan support anak-anak timnas di Singapura. Rakyat Indonesia tetap mendoakan kalian bisa memberikan yang terbaik," katanya di Akun Instagram PSSI.

Dia berharap timnas Indonesia bisa memberikan permainan yang bagus untuk bisa meladeni dominasi Thailand yang kebanyakan diisi pemain senior.

"Apapun hasilnya kita tetap berdoa kalian bersemangat, terus berjuang, terus bertempur melawan Thailand di leg kedua," ungkapnya.

Sementara itu, pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku kekalahan dengan skor lebar pada leg pertama menjadi tantangan tersendiri bagi anak asuhnya nanti malam.

Selain itu, minimnya peggalaman dan kedalaman pasukan Garuda yang mayoritas diisi pemain-pemain muda juga patut dievaluasi.

Namun demikian, dia berjanji akan memotivasi anak-anak asuhnya untuk tetap memiliki semangat dan energi positif selama bermain.

"Paling penting pemulihan fisik. Jadi, kemarin pun memang fokus ke pemulihan. Untuk leg kedua memang harus menang dengan skor yang lumayan banyak. Namun, yang lebih penting harus bermain lebih tenang," jelasnya dalam Pre-Match Press Conference pada Jumat, 31 Desember 2021.