Perintis Formula 1 Frank Williams Meninggal Dunia pada Usia 79 Tahun
Nasional

Legenda Formula 1 Frank Williams Meninggal Dunia pada Usia 79 Tahun

  • Frank Williams, seorang pendiri dan mantan kepala tim Williams Racing telah dikabarkan meninggal dunia pada usia 79 tahun.
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Frank Williams, seorang pendiri dan mantan kepala tim Williams Racing telah dikabarkan meninggal dunia pada usia 79 tahun. Kabar ini juga telah dikonfirmasi dari tim Williams, bahwa Sir Frank Williams CBE, pendiri dan mantan kepala tim Williams Racing tutup usia di umur 79 tahun. Frank William sebelumnya telah dirawat di rumah sakit pada hari Jumat, dan meninggal dunia di pagi hari dikelilingi oleh keluarganya.

Frank Williams telah mendirikan tim Williams sejak tahun 1977 dan mulai memasuki musim pertama di ajang Formula Satu pada tahun berikutnya. Williams Racing kemudian berhasil memenangkan balap F1 sebanyak tujuh kali dan mampu mendapatkan gelar juara konstruktor sebanyak sembilan kali saat masih di bawah asuhan Frank Williams. 

Frank Williams diketahui telah menggunakan alat bantu kursi roda sejak mengalami kelumpuhan karena kecelakaan mobil yang terjadi pada tahun 1986 di Prancis. Ia mengundurkan diri dari dewan Williams pada tahun 2021 kemudian menyerahkan tugas tim kepada putrinya, Claire Williams pada tahun 2013. Setelah itu, Williams dan keluarga akhirnya menjual tim tersebut kepada perusahaan investasi Dorilton Capital. 

Kemudian pada tahun 2016 Frank Williams dirawat di rumah sakit karena penyakit pneumonia, dan penyakit tersebut mulai kambuh lagi pada Desember tahun lalu.

Banyak orang yang mengucapkan duka cita atas kepergian Frank Williams, salah satunya adalah CEO F1, Stefano Domenicali. Menurut Stefano Domenicali, Frank Williams merupakan raksasa sebenarnya dari olahraga ini yang dapat mengatasi tantangan paling sulit di kehidupan dan bertarung setiap hari untuk menang baik di atas atau di luar trek.

“Kami telah kehilangan anggota keluarga F1 yang sangat dicintai dan dihormati dan dia akan sangat dirindukan. Prestasi dan kepribadiannya yang luar biasa akan terukir di olahraga kami selamanya. Pikiran saya bersama semua keluarga Williams dan teman-teman mereka pada saat yang menyedihkan ini,” kata Stefano Domenicali seperti yang dikutip dari laman RTE 29 November 2021.

Seorang pembalap Williams, George Russell juga turut memberikan penghormatannya kepada Frank Williams, bahwa Frank adalah seorang manusia yang benar-benar luar biasa, dan ia mengaku akan selalu mengingat tawanya. George Russel juga mengatakan bahwa sosok Frank Williams tidak hanya seorang bos, namun juga seorang mentor dan teman bagi semua orang yang telah bergabung dengan keluarga Williams Racing.