afternoon slump.jpg
Gaya Hidup

Lelah Setelah Makan Siang? Mungkin Anda Mengalami Kemerosotan Sore

  • Adalah normal dan umum bagi orang untuk merasakan tingkat energi rendah pada sore hari atau setelah makan siang. Tetapi kadang lelahnya sangat terasa.

Gaya Hidup

Amirudin Zuhri

 

JAKARTA- Adalah normal dan umum bagi orang untuk merasakan tingkat energi rendah pada sore hari atau setelah makan siang. Tetapi kadang lelahnya sangat terasa. Situasi ini dikenal sebagai afternoon slump atau kemerosotan sore hari.  Kondisi ini menyebabkan perasaan lelah, kehilangan fokus, dan penurunan energi.

Afternoon slump ditandai dengan energi yang rendah selama sore hari. Ini mungkin disertai dengan gejala lain termasuk perubahan suasana hati, stres,  sakit kepala, sering menguap, sakit perut, kesulitan penglihatan, dan kelelahan.

Karena gejala tersebut, seseorang mungkin merasa lelah, lesu, atau tidak produktif meski masih ada beberapa jam lagi sebelum hari berakhir.

Mengapa Kita Mengalami Kemerosotan Energi Sore?

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa kelesuan ini terjadi. Pertama, penting untuk mengetahui bahwa tubuh memiliki ritme sirkadian. Ritme  yang bertanggung jawab atas perasaan lelah atau waspada dalam siklus 24 jam. 

GoodRx Health sebagaimana dikutip Science Times Selasa 20 Juni 2023 menjelaskan bahwa, mirip dengan ritme yang membuat seseorang merasa lelah di malam hari, hal itu juga menyebabkan hilangnya energi di sore hari.

Di luar ritme sirkadian, ada juga faktor lain yang mungkin menjelaskan mengapa terjadi kemerosotan sore hari. Faktor-faktor tersebut termasuk kurang tidur atau kurang tidur, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pola makan yang buruk, stres, dan gangguan tidur.

Kondisi medis juga bisa menjelaskan hilangnya energi di sore hari. Individu yang berurusan dengan kekurangan zat besi atau penyakit autoimun mungkin mengalami kemerosotan di sore hari.

Cara Mengalahkan 

Untuk melawan afternoon slump biasanya dnegan mendapatkan tendangan kafein. Namun ada juga cara lain

Northwestern Medicine merekomendasikan agar orang yang merasa lelah di sore hari segera bangun dan bergerak. Ini dapat membantu meningkatkan oksigen dan aliran darah serta mengurangi ketegangan. Disarankan untuk melakukannya di luar, di mana vitamin D dapat ditingkatkan secara alami.

Melakukan beberapa gerakan  ringan dapat membantu melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati, meningkatkan aliran darah, dan membuat seseorang merasa berenergi. Cukup melakukan peregangan, berjalan-jalan, atau melakukan latihan aerobik ringan dapat meningkatkan tingkat energi seseorang.

Mengunyah camilan sehat juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengatasi kemerosotan energi. Menurut Sleep Doctor, makanan yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat baik untuk hal tersebut. Sayuran dan buah segar juga bagus.

Di sisi lain, seseorang juga harus menghindari karbohidrat olahan dan gula tinggi. Camilan ini akan menyebabkan lonjakan gula darah dan memperburuk kemerosotan.

Penting juga untuk menghidrasi dan merehidrasi secara konsisten. Dehidrasi dapat meredam kapasitas mental seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengisi ulang dengan air, bukan teh, kopi, atau soda.  Sleep Doctor menambahkan bahwa umumnya pria harus minum 15,5 gelas air setiap hari sedangkan wanita membutuhkan sekitar 11,5 gelas setiap hari.