Ilustrasi Kelancaran Transaksi Keuangan Digital dengan Akses Internet Cepat.
Tekno

Lembaga Keuangan Harus Percepat Akses Agar Tercapai Inovasi dan Inklusivitas

  • Kecepatan dan keamanan transaksi digital dinilai sebagai syarat agar nasabah atau konsumen semakin loyal dalam menggunakan layanan secara rutin.

Tekno

Drean Muhyil Ihsan

JAKARTA—Sejumlah kalangan meminta kepada penyedia layanan keuangan untuk mempercepat akses transaksi keuangan digital yang aman agar inovasi pada produk finansial mampu menjangkau publik secara inklusif.

Executive Director CELIOS Bhima Yudhistira mengatakan akses internet cepat yang aman memainkan peran yang sangat penting, terutama pada lembaga keuangan. Kecepatan dan keamanan transaksi digital dinilai sebagai syarat agar nasabah atau konsumen semakin loyal dalam menggunakan layanan secara rutin. 

“Lembaga keuangan yang sering alami serangan siber sampai mengganggu layanan konsumen akhirnya akan ditinggal oleh nasabah loyal. Ini terjadi pada beberapa kasus,” ujarnya kepada media.

Oleh sebab itu, Bhima mendorong lembaga keuangan, baik bank ataupun non-bank harus terus berinvestasi pada sistem IT yang aman dan cepat, termasuk responsif apabila ada nasabah atau konsumen yang kehilangan uang tanpa adanya otorisasi yang sah.

“Lembaga keuangan wajib mengganti uang itu kalau bagian dari kelemahan sistem keamanan internal. Sehingga konektivitas internet cepat dan aman sangat diperlukan oleh lembaga keuangan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, akses internet juga sangat berperan penting bagi inklusi keuangan digital. Bahkan dalam beberapa studi menempati urutan pertama dalam meningkatkan jumlah transaksi digital di pedesaan.

“Di era transformasi digital di mana semua orang sudah dapat mengakses internet dari manapun dan kapanpun, maka dari itu akses internet harus diperkuat demi terciptanya inklusi keuangan,” tambahnya.

Mengutip dari website Linknet.id, akses internet cepat memungkinkan transaksi keuangan digital untuk diproses dengan responsif. Waktu respon yang rendah memungkinkan pengguna melakukan transaksi yang minim keterlambatan (delay), seperti transaksi antar rekening, pembayaran tagihan, atau transaksi perdagangan elektronik. 

Koneksi internet yang stabil juga sangat penting dalam menjaga kelancaran transaksi keuangan digital. Dengan akses internet cepat dan stabil, risiko gangguan atau putusnya transaksi dapat dikurangi. 

Dukungan akses internet cepat dapat membantu proses transfer data antar lembaga keuangan, sehingga keamanan transaksi dapat lebih terjamin. Dengan begitu, integritas lembaga keuangan dapat terjaga.

Tak hanya itu, akses internet cepat berperan dalam memberikan kemungkinan bagi sektor perbankan untuk mengembangkan dan menyediakan inovasi layanan keuangan digital yang lebih canggih. 

Dengan koneksi internet yang andal, lembaga keuangan dapat menyelenggarakan aplikasi dan platform yang kompleks, seperti mobile banking, e-wallet, atau teknologi pembayaran baru. Hal ini memungkinkan pengguna untuk merasakan manfaat dari kemajuan teknologi terbaru dalam transaksi keuangan digital.