Menteri BUMN, Erick Thohir (kedua dari kanan) bersama KGPAA Mangkunegara X menyambangi stan kuliner khas Mangkunegaran dalam soft launching Taman Pracima, Sabtu 21 Januari 2023.
Gaya Hidup

Lengkap! Ini Menu Masakan Khas Mangkunegaran yang Bisa Dicicipi di Taman Pracima

  • Taman yang dibangun tahun 1920 itu menyajikan menu masakan khas Mangkunegaran.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Taman Pracima tak hanya menghadirkan sensasi wisata bangunan bersejarah. Taman yang dibangun tahun 1920 itu menyajikan menu masakan khas Mangkunegaran yang bisa dicicipi masyarakat umum lho! 

Beberapa masakan bahkan menjadi favorit pemimpin Mangkunegaran secara turun temurun.  

Mau tahu apa saja menu legendaris Pura Mangkunegaran yang disajikan di Taman Pracima? Berikut ulasannya:

MENU JAJANAN

Brubus: Daging giling bawang putih dan merah, ketumbar dibungkus sawi putih, sambal kencur dan areh santan.

Urap Pithik Linting: Campuran sayur urap, kenikir, bunga turi, melanding, kecombrang, tauge, buncis, dan kelapa urap disajikan dengan ayam linting marinasi resep kuno dan saus cuka.

Lidah Sapi Goreng: Lidah yang dimarinasi dengan air rempah dan bawang, digoreng dan disajikan dengan taburan bawang goreng.

Dadar Jagung: Camilan berbahan dasar jagung telur dan sedikit tepung. Makanan ini merupakan warisan kuliner yang dipengaruhi oleh kuliner Spanyol dan Portugis.

SELAT

Selat Tomat Kaliyan Keju: Keju yang terbuat dari susu sapi segar diolah menjadi keju Ricota dengan rasa lada hitam. Disajikan dengan irisan tomat segar, jagung salsa dan remahan olive hitam kering.

Huzarensla: Selad dengan isian kentang, wortel, dibalut dengan mayo lalu disajikan dengan Pithik Linting, selada, acar, kubis, nanas madu, tomat, bengkoang, dan acar Bombay.

SUP

Sup Daging Rempah: Kaldu sapi yang dibuat dengan campuran rempah dan disajikan dengan daging kisi kembang, wortel, tomat dan taburan daun bawang.

Sup Jamur Kenthel: Terbuat dari kaldu jamur lalu dimasak dengan campuran jamur kemudian dihaluskan untuk mendapatkan konsistensi sup kental, ditambah topping roti garing dan renyah.

MAKANAN UTAMA

Pepes Grameh Kemangi: Ikan gurame segar tanpa tulang dibumbui dengan bawang putih dan merah, kemu, cabai, kemangi, irisan jamur, tomat ceri dan jeruk nipis lalu dibungkus daun pisang.

Lidah Gongso: Lidah yang diproses dengan pengasapan dan teknik memasak dengan raktu yang lama untuk mendapatkan hasil rasa yang sangat tebal dan wangi asap yang seimbang.

Dendeng Age: Daging has dalam dengan potongan tebal dimarinasi dengan resep klasik atau resep turun temurun dari pemimpin Mangkunegaran terdahulu yang sudah menjadi hidangan kegemaran.

Sate Pithik: Sate ayam memakai potongan bagian paha dengan potongan tebal lalu dimarinasi dengan resep klasik dan disajikan dengan bumbu kacang.

Iga Goreng: Iga sapi dengan proses masak ungkep menggunakan bumbu rempah klasik, disajikan dengan sambal terong, sayuran dan nasi hangat.

Pithik Goreng Jangkep: Ayam goreng, trancam, sop segar, tempe dan tahu goreng dengan dua macam jenis sambal disajikan dengan nasi gurih.

Steak Ayam Bumbu Opor: Paha ayam tanpa tulang dimarinasi dengan resep klasik lalu dimasak dengan wajan yang panas dengan konsistensi kulit ayam sedikit garing. Disajikan dengan bumbu opor serta kentang tumbuk.

Itu dia masakan khas Mangkunegaran yang disajikan di Taman Pracima. Tertarik mencicipinya?