Ilustrasi Hutan Amazon dan sungainya
Gaya Hidup

Leonardo DiCaprio dan Jeff Bezos Kumpulkan Rp3 Triliun untuk Lindungi Hutan Amazon

  • Aktor Leonardo DiCaprio dan miliarder Jeff Bezos mendukung pemerintah Brazil dalam melindungi keanekaragaman hayati dan melindungi masyarakat adat di Hutan Amazon melalui program Protect Our Planet

Gaya Hidup

Bintang Surya Laksana

BRASILIA- Aktor Leonardo DiCaprio dan miliarder Jeff Bezos mendukung pemerintah Brazil dalam melindungi keanekaragaman hayati dan melindungi masyarakat adat di Hutan Amazon melalui program Protect Our Planet. Keduanya merupakan orang yang tidak asing lagi dalam upaya melindungi bumi.

Leonardo DiCaprio sudah lama dikenal sebagai aktor yang peduli dengan masalah lingkungan. Aktor ini sudah lama menggunakan pengaruhnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai masalah lingkungan dan beberapa kali menyumbangkan uang pribadinya untuk mengentaskan masalah lingkungan.

Jeff Bezos yang merupakan Bos Amazon juga seorang miliarder lewat Bezos Earth Fund membantu memerangi perubahan iklim. Bezos bahkan sebelumnya telah mengeluarkan sumbangan uang dalam rangka memerangi perubahan iklim.

Dilaporkan oleh Euronews, kedua orang berpengaruh ini sekarang bekerja sama dan mengumpulkan uang sebanyak US$200 juta atau sekitar Rp3 triliun (kurs Rp15,000) untuk melindungi hutan hujan Amazon.

DiCaprio lewat organisasi nirlabanya, Re:Wild Conservation dan Bezos Earth Fund lewat Nature Solution bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Brazil untuk melindungi Hutan Amazon. Aksi ini memiliki tujuan yaitu nol deforestasi pada 145 juta hektar wilayah hutan Amazon, mendorong Brazil beralih ke ekonomi hijau, dan melindungi hak-hak masyarakat adat yang mendiami Hutan Amazon.

Mengutip Euronews, DiCaprio menyebutkan, “Kami terinspirasi oleh tujuan ambisius Brasil untuk melindungi Amazon, salah satu tempat terpenting bagi satwa liar di planet ini, dan sangat senang dapat mendukung upaya ini melalui tantangan Protect Our Planet.”

Sedangkan Cristian Samper selaku direktur pelaksana Bezos Earth Fund menyatakan, “Amazon sangat penting untuk masa depan keanekaragaman hayati dan iklim global, dan kami menyambut baik komitmen dari Pemerintah Brazil untuk melindunginya.”