Caroline, situs jual beli mobil milik ASI
Industri

Lewat Anak Usahanya, Adi Sarana (ASSA) Tambahkan Modal Situs Jual Beli Mobil Sebesar Rp12,6 Miliar

  • PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), melalui anak usahanya PT Adi Sarana Investindo (ASI) telah melakukan penambahan modal ke PT Caroline Karya Teknologi (CKT) senilai Rp12,6 miliar.
Industri
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), melalui anak usahanya PT Adi Sarana Investindo (ASI) telah melakukan penambahan modal ke PT Caroline Karya Teknologi (CKT)  yang merupakan perushaan situs jual beli mobil senilai Rp12,6 miliar.

Hindra Tanujaya, Sekretaris ASSA mengungkapkan transaksi ini penambahan modal ini telah dilakukan pada Jumat, 8 April 2022.

Dengan adanya penambahan modal yang dilakukan, maka hal tersebut mengubah komposisi pemegang saham CKT, yang mana sebelumnya modal dasar awal yang dimiliki senilai Rp8 miliar dengan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp2 miliar. Kemudian susunan pemegang saham PT Adi Dinamika Investino sebesar Rp20 juta atau 20 lembar saham setara 1% saham, dan PT Adi Sarana Investindo dengan kepemilikan Rp1,98 miliar atau sama dengan 1.980 lembar saham atau 99% saham CTK. 

Berubah menjadi modal dasar dan modal ditempatkan senilai Rp14.6 miliar, dengan susunan pemegang saham Adi Dinamika dengan kepemilikan saham 0,1% setara dengan 20 lembar saham atau Rp20 juta. Sedangkan Adi Sarana Investindo memiliki saham senilai Rp14,58 miliar atau 9,99% dengan jumlah kepemilikan 14.580 lembar saham.
 

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi, karena CKT adalah anak usaha perseroan melalui ASI dengan kepemilikan 99,99%, serta terdapat persamaan dalam susunanan manajemen perseroan ASI.

Penambahan modal ini dilakukan atas dasar kebutuhan modal CKT dalam menjalankan usahanya, serta diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perseroan.

Sebelumnya, ASI telah melakukan pembelian saham CKT dari Adi Dinamika Investindo pada Selasa, 5 April 2022 senilai Rp1.5 miliar yang mewakili 75% kepemiikan saham Adi Dinamika terhadap CTK.