Ilustrasi pendidikan lingkungan.
Korporasi

Lewat Program Pendidikan Lingkungan, BRMS Dorong Kreativitas Siswa

  • PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) mendukung kegiatan Universitas Indonesia (UI) dalam program edukasi lingkungan. Program tersebut terbagi menjadi beberapa kluster pengelolaan lingkungan bagi anak usia Sekolah Dasar (SD).

Korporasi

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) mendukung kegiatan Universitas Indonesia (UI) dalam program edukasi lingkungan. Program tersebut terbagi menjadi beberapa kluster pengelolaan lingkungan bagi anak usia Sekolah Dasar (SD). 

Kegiatan ini melibatkan serangkaian lokakarya interaktif dan kegiatan edukatif yang dirancang untuk anak peserta didik jenjang SD. Harapannya siswa paham tentang pentingnya pengelolaan lingkungan dan bagaimana mereka dapat secara kreatif memanfaatkan hasil dari pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.

Kegiatan yang melibatkan lebih dari 650 siswa peserta didik dari SD Negeri Muncul 01, Tangerang Selatan ini didukung Kluster Interaksi, Direktorat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat UI, Lingkungan Sosial Sekolah Ilmu Lingkungan UI, dan Fakultas Ekonomi Bisnis UI, serta PT Bumi Resources Minerals Tbk dan PT Pertamina (Persero) sebagai pendukung utama.

Program edukasi pengelolaan lingkungan ini terbagi dalam 5 kluster. Pertama kluster pemanfaatan sampah organik menjadi komposter. Kedua kluster pendidikan pilah sampah untuk daur ulang. Ketiga kluster pemanfaatan sampah plastik menjadi produk kerajinan. 

Kemudian kluster pemanfaatan sampah makanan untuk meningkatkan produktivitas peternakan dengan beternak maggot BSF dan terakhir kluster kesadaran terhadap Eco-Enzyme. “Pengelolaan lingkungan menjadi masalah global yang mendesak untuk ditangani,” ujar Direktur Utama Perusahaan Agus Projosasmito dalam keterangan pers, Rabu 2 Agustus 2023.

Sebagai upaya mengantisipasi tantangan tersebut, PT Bumi Resources Minerals Tbk mendukung UI menyelenggarakan program pendidikan pengelolaan lingkungan untuk usia dini. “Ini bagian komitmen kami dalam mendorong praktik berkelanjutan dan memberdayakan generasi muda agar dapat memberikan dampak positif pada lingkungannya,” imbuh Agus. 

BRMS berkomitmen mendukung tercapainya pembangunan lingkungan yang berkelanjutan sebagaimana Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan upaya menanamkan rasa tanggung jawab lingkungan di kalangan generasi muda dan menginspirasi mereka untuk menjadi agen perubahan di lingkungan masing-masing.