Ilustrasi Humpuss Maritim Internasional
Korporasi

Lewat Transformasi Digital, Humpuss (HITS) Bidik Kinerja Tumbuh 20 Persen Tahun 2022

  •  JAKARTA - PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) menargetkan pertumbuhan kinerja sebesar 20% pada tahun 2022. Hal ini disampaikan dalam paparan publ
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA - Emiten transportasi pelayaran PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) menargetkan pertumbuhan kinerja sebesar 20% pada tahun 2022. Hal ini disampaikan dalam paparan publik virtual yang digelar Rabu, 23 Desember 2021.

Direktur Utama HITS, Kemal Imam Santoso mengatakan bahwa urgensi transformasi digital sangat diperlukan. Apalagi, perseroan bergerak ke lini usaha logistik,  infrastruktur dan integrated maritime services.

Hal ini juga didorong oleh ekspansi bisnis ke Floating Storage & Regasification Unit (FSRU),  adanya kebutuhan konsolidasi dan sinergi antar berbagai lini usaha dalam grup perseroan, dinamika perubahan industri, serta yang pendukung penggunaan LNG yang meningkat sebagai sumber energi.

Menurutnya, berbagai faktor-faktor tersebut menuntut transformasi internal untuk pertumbuhan keberlangsungan usaha HITS. Ia juga mengklaim perseroan adaptif dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Untuk itu kami melakukan transformasi yang menyeluruh di segala lini, baik sisi finance dan commercial," ujarnya.

Kemal menyebut telah terjadi penundaan beberapa investasi selama 2021. Baginya, yang terpenting adalah seluruh kapal milik perseroan dapat terutilisasi sesuai kontrak disertai dengan pengelolaan arus kas yang cukup  ketat.

"Dan kami lebih menekankan untuk penguatan kapabilitas internal dan menjaga  kepercayaan pelanggan,” tambah dia.

Wujudkan Target ESG

Perseroan juga memberikan perhatian pada faktor lingkungan, sosial dan tata kelola (environmental, social and governance/ESG). Menurutnya, hal ini menjadi sebuah keharusan.

"Aspek lingkungan sudah menjadi sebuah kewajiban perusahaan transportasi laut, apalagi kami pun membawa muatan LNG, clean energy untuk masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Pada tahun-tahun mendatang untuk aspek sosial, perseroan akan fokus untuk masyarakat timur, terutama pada wilayah Papua. HITS akan bersinergi dengan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran di Papua Barat, untuk penyetaraan pendidikan.

Dengan rencana tersebut, Kemal berharap akan muncul perwira-perwira laut tangguh dari wilayah Timur yang akan menjadi garda terdepan untuk kapal-kapal yang berada di wilayahnya.

Selain itu, Humpuss turut merencanakan untuk pembelian 5 buah kapal, terdiri dari 2 Harbour Tug dan 3 kapal methanol, dengan total investasi US$11,32 juta pada tahun 2022.

“Saat ini kebutuhan pasar biodiesel cukup tinggi di Indonesia dan program pemerintah yang ditetapkan oleh Kementerian ESDM bahwa alokasi FAME untuk seluruh produsen biodiesel akan terus meningkat setiap tahunnya," pungkasnya.