Libatkan 2.200 Karyawan, Citi Indonesia Dorong Pembangunan Berkelanjutan Lewat Aksi Peduli Lingkungan dan Sosial.
Perbankan

Libatkan 2.200 Karyawan, Citi Indonesia Gelar Aksi Peduli Lingkungan dan Sosial

  • Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) menyelenggarakan inisiatif tahunan mereka, Global Community Day (GCD) 2023, dengan melibatkan lebih dari 2.200 karyawan. Mengambil tema "Beyond Collaboration: Greater Things to Come", kegiatan GCD menjadi upaya nyata Citi dalam mendorong pembangungan berklanjutan.
Perbankan
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) menyelenggarakan inisiatif tahunan mereka, Global Community Day (GCD) 2023, dengan melibatkan lebih dari 2.200 karyawan. Mengambil tema "Beyond Collaboration: Greater Things to Come", kegiatan GCD menjadi upaya nyata Citi dalam mendorong pembangungan berklanjutan.

CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi mengatakan, sederet aksi inisiatif yang dilakukan pada aspek lingkungan dan sosial dalam kegiatan GCD ini juga selaras dengan upaya pembangunan dan pemulihan ekonomi masyarakat oleh pemerintah.

"Apa yang kami lakukan di GCD tahun ini selaras dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan dan pemulihan ekonomi di masyarakat, serta target pemerintah untuk pengurangan sampah sebesar 30 persen dari total timbunan sampah pada tahun 2025, yang mana hal ini juga turut berkontribusi pada komitmen nol emisi pada tahun 2060," kata Batara dalam keterangan resmi dikutip Senin, 19 Juni 2023.

Kegiatan GCD dilaksanakan sejak bulan Mei hingga Juni 2023 di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Denpasar. Dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan, Citi Indonesia fokus pada aksi peduli lingkungan dan sosial sebagai bagian dari komitmennya.

Salah satu masalah serius yang menjadi perhatian adalah limbah pakaian dan limbah plastik. Menurut data Program Lingkungan PBB (UNEP), industri fesyen menyumbang hampir 10% dari emisi karbon global, sedangkan plastik menyumbang 3,8% dari emisi gas rumah kaca secara global. Dalam hal mengurangi angka-angka tersebut, Citi Indonesia mengambil andil dan  bekerja sama dengan mitra seperti PlasticPay dan Setali.

Dalam acara puncak GCD 2023 yang diadakan di Car Free Day (CFD) Sudirman, Jakarta, 18 Juni 2023, lebih dari 2.200 karyawan Citi Indonesia turut serta dalam aksi peduli lingkungan dan sosial. Beberapa aksi di antaranya yakni dengan mengumpulkan 1.464 botol plastik seberat total 23,24 kg, yang akan didaur ulang oleh PlasticPay menjadi produk bernilai seperti tas jinjing atau tas laptop.

Selain itu, Citi Volunteers juga mengumpulkan 1.814 pakaian bekas layak pakai seberat total 386 kg. Pakaian-pakaian ini akan didonasikan kepada Setali untuk diupcycle menjadi pakaian berkualitas yang dapat digunakan kembali. Sejalan dengan itu, para karyawan juga melukis mural ramah lingkungan sepanjang 12 meter sebagai dukungan terhadap proyek revitalisasi pengelolaan tata ruang oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Tidak hanya aksi peduli lingkungan, Citi Indonesia juga memberdayakan UMKM lewat kegiatan literasi keuangan dan pembekalan ilmu dan keterampilan kewirausahaan. Berbagai kegiatan, seperti sesi bisnis mentoring dan workshop tentang industri kreatif, telah diadakan untuk memperkuat sektor UMKM yang dipimpin oleh pemuda dan perempuan.

Batara menyampaikan bahwa kegiatan GCD merupakan kontribusi Citi dalam membawa perubahan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat. "Kami terus memastikan bahwa tindakan sukarela dan kolektif kami mampu mengatasi berbagai tantangan yang ada di dunia saat ini.” pungkasnya.