<p>Pemerintah tengah menyiapkan aturan larangan mudik Lebaran 2020/ Antara Foto</p>
Kabar Siger

Libur Nasional Lebaran Kemungkinan Diundur

  • JAKARTA – Pemerintah tengah merumuskan skema yang tepat terkait rencana memundurkan liburan nasional lebaran tahun ini. Pemunduran hari libur nasional tersebut sempat disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas (ratas) hari ini di Jakarta, Kamis, 2 April 2020. “Saya melihat mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat. Mungkin (ada) alternatif mengganti hari libur nasional untuk […]

Kabar Siger
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Pemerintah tengah merumuskan skema yang tepat terkait rencana memundurkan liburan nasional lebaran tahun ini.

Pemunduran hari libur nasional tersebut sempat disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas (ratas) hari ini di Jakarta, Kamis, 2 April 2020.

“Saya melihat mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat. Mungkin (ada) alternatif mengganti hari libur nasional untuk hari raya. Ini mungkin bisa dibicarakan,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut ada kemungkinan libur nasional Idulfitri 2020M/1441 H dimundurkan ke akhir tahun.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan bisa menunda rencana mudik ke kampung halaman sampai COVID-19 berlalu.

“Nanti liburan ini mungkin diberikan lebih banyak di akhir tahun,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Ia juga mengungkapkan bahwa teknis pelaksanaan terkait kebijakan ini masih dirumuskan.

Sebagai informasi, usulan pemunduran hari libur tersebut akan disertai dengan penyediaan fasilitas dan ifrastruktur khusus dari pemerintah.

Salah satunya, yakni pemerintah daerah bisa menggratiskan tempat-tempat wisata setempat agar ramai dikunjungi masyarakat.

“Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan, kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat,” kata Jokowi.