Gubernur Ganjar Targetkan 2024 Penataan Candi Borobudur Tuntas
Makroekonomi

Libur Panjang Iduladha Dinilai jadi Berkah untuk Sektor Pariwisata dan Manufaktur

  • Keputusan pemerintah menetapkan penambahan libur untuk Hari Raya Iduladha 1444 H atau 2023 dinilai dapat menjadi berkah untuk industri pariwisata dan transportasi yang sempat melemah akibat hantaman COVID-19 sejak 2020

Makroekonomi

Debrinata Rizky

JAKARTA - Keputusan pemerintah menambah hari libur Hari Raya Iduladha 1444 H dinilai dapat menjadi berkah untuk industri pariwisata dan transportasi yang sempat melemah akibat hantaman COVID-19 sejak 2020.

Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengungkapkan, libur panjang Iduladha 2023 akan menambah kontribusi pariwisata terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Tahun 2020 kontribusi sektor pariwisata sempat turun karena pandemi ke 4,05 persen dari PDB. Harapannya dengan penambahan jumlah libur tahun ini kontribusi nya bisa naik diatas 4,8-5 persen dari PDB atau melebihi kontribusi pra pandemi yang sebesar 4,7 persen," katanya kepad TrenAsia.com pada Selasa, 27 Juni 2023.

Durian Runtuh Sektor Wisata dan Transportasi

Menurut Bhima, pada saat libur panjang ini dampak terhadap kenaikan tingkat hunian kamar hotel bisa di atas 50-65%. Hal ini juga termasuk dampak pada sektor makanan minum termasuk restoran, cafe maupun pelaku kuliner skala kecil di destinasi wisata.

Sedangkan untuk jasa transportasi yang berkontribusi terhadap 5,5%  juga ikut meningkat baik angkutan darat, udara dan laut. Efek domino lainnya dirasakan ke bisnis digital yang mencakup jasa telekomunikasi (pembelian paket data), e-commerce maupun pesan antar makanan.

Hal ini bisa dijadikan ajang untuk para pedagang hingga pengelola tempat wisata merap untung. Berdasarkan data  PT KAI daerah Daop 1 Jakarta mencatatkan pada Senin, 26 Juni 2023 ada sebanyak 16.600 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat mencapai sekitar 10.100 dengan layanan 31 KA beroperasi. Selebihnya naik dari Stasiun Jatinegara, Bekasi, Karawang dan Cikampek.

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 23, 24, 27, 28, dan 29 Juni 2023.

Buntung untuk Industri Manufaktur

Namun Bhima menyoroti, yang mendapat durian runtuh sektor pariwisata dan transportasi. Sayangnya tak dibarengi dengan hal yang sama untuk manufaktur.

Menurutnya masalahnya adalah perubahan aturan libur tambahan yang dinilai mendadak sehingga merugikan sektor industri manufaktur. Perusahaan harus menggelontorkan dana lebih untuk lembur dadakan ditengah babak belurnya industri ini karena menurunnya produksi.

"Andai tahun lalu sudah diumumkan cuti lebih panjang tentu tidak masalah," lanjutnya

Sebelumnya hal senada diungkap Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memprediksi penambahan libur nasional secara mendadak dapat menimbulkan kerugian yang ditaksir mencapai Rp5 miliar hingga Rp7 miliar pada sektor tekstil dan produk tekstil (TPT).

Sekretaris API Danang Girindrawardana mengungkapkan, pemberian libur satu hari sebelum dan sesudah Iduladha yang ditetapkan sebagai hari libur cuti bersama dapat membuat terganggunya produksi.

"Intinya API mengeluhkan kebijakan SK libur nasional Iduladha untuk industri manufaktur, bukan hanya tekstil hampir terganggu produksinya. Karena libur dadakan seperti ini yang akhirnya membuat kami harus membuat jadwal baru atau mengubah jadwal karena ada tambahan hari libur yang diadakan,"katanya kepada TrenAsia.com pada Jumat, 23 Juni 2023.