Ribuan mobil pribadi dan bus berisi pemudik antre menaiki kapal sehingga menimbulkan kemacetan sepanjang jalan menuju Pelabuhan Merak, Banten, Kamis 20 April 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

Libur Panjang Paskah, Ini Ruas Tol yang Dibanjiri Kendaraan

  • Di kawasan Jabotabek, volume kendaraan mencapai angka 109.445, yang menunjukkan kenaikan sebesar 12,12% dibandingkan dengan hari-hari biasa.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Pada momen libur panjang Wafat Isa Al-Masih dan Hari Raya Paskah tahun 2024, terjadi lonjakan volume lalu lintas yang signifikan di ruas tol Jabotabek dan Jawa Barat. 

Dilansir siaran pers, Jumat, 29 Maret 2024, Data yang dirilis oleh Jasa Marga pada tanggal 28 Maret 2024 mengungkapkan peningkatan yang mencolok dalam jumlah kendaraan yang melintas, menandakan intensitas perjalanan yang tinggi selama masa libur.

Di kawasan Jabotabek, volume kendaraan mencapai angka 109.445, yang menunjukkan kenaikan sebesar 12,12% dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Libatkan GT Cengkareng dan GT Benda Utama sebagai titik fokus, dikedua gerbang tol tersebut terjadi lonjakan lalu lintas yang signifikan.

GT Cengkareng mencatat 81.669 kendaraan (meningkat 10,18%), sedangkan GT Benda Utama mencatat 27.776 kendaraan (meningkat 18,24%).

Area yang paling mencolok adalah di GT Cileunyi, yang merupakan jalur vital menuju Bandung dan Jakarta. 

GT Cileunyi mencatat peningkatan signifikan dengan 30.795 kendaraan menuju Bandung/Jakarta (meningkat 12,44%) dan 30.944 kendaraan yang berangkat dari Bandung/Jakarta (meningkat 16,28%). 

Begitu pula dengan lalu lintas menuju Kota Bandung melalui GT Pasteur yang mengalami kenaikan sebesar 14,92%, dengan 38.609 kendaraan.

Dalam menghadapi lonjakan volume lalu lintas ini, Jasa Marga mengeluarkan imbauan kepada pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan. 

Imbauan tersebut mencakup pemeriksaan kondisi kendaraan, memastikan pengemudi dalam keadaan prima, memperhatikan kecukupan bahan bakar dan saldo e-toll, serta menggunakan satu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup.

Libur panjang ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan, baik untuk berkumpul dengan keluarga maupun untuk liburan. 

Namun, dengan peningkatan volume lalu lintas yang cukup signifikan, penting bagi pengguna jalan untuk mematuhi aturan lalu lintas dan menjaga keselamatan di jalan. 

Kesadaran akan pentingnya persiapan sebelum melakukan perjalanan juga sangat diperlukan untuk menghindari kecelakaan dan memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan.