LinkAja terima pendanaan investasi dari Mitsui.
Fintech

LinkAja Terima Pendanaan dari Mitsui, Pertama Kalinya Dapat Investasi dari Perusahaan Skala Global

  • Investasi ini menandai langkah pertama LinkAja dalam menerima investasi dari sebuah perusahaan skala global. Tujuan dari aksi korporasi ini adalah untuk saling memperkuat ekosistem dan strategi bisnis, termasuk potensi kolaborasi di dalam ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang merupakan pemegang saham utama LinkAja.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) mengumumkan langkah korporasi terbarunya dengan mendapatkan pendanaan investasi strategis dari Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui). Akan tetapi, dalam pengumuman yang dirilis LinkAja, tidak disebutkan jumlah dana yang dikucurkan oleh Mitsui untuk LinkAja.

Investasi ini menandai langkah pertama LinkAja dalam menerima investasi dari sebuah perusahaan skala global. Tujuan dari aksi korporasi ini adalah untuk saling memperkuat ekosistem dan strategi bisnis, termasuk potensi kolaborasi di dalam ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang merupakan pemegang saham utama LinkAja. 

Investasi Mitsui di LinkAja mencerminkan upaya perusahaan skala global tersebut dalam mengembangkan bisnis keuangan digital serta dan mempercepat kolaborasi strategis antara ekosistem BUMN dan ekosistem Mitsui dalam bidang teknologi informasi, ritel, atau bidang bisnis lainnya. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia.

Baca Juga: LinkAja Mengenalkan Program Penukaran Poin Loyalitas dalam Ekosistem BUMN

Kartika Wirjoatmodjo (atau yang akrab disapa Tiko), Wakil Menteri BUMN, memberikan sambutan positif terhadap komitmen investasi strategis dari Mitsui kepada LinkAja. 

Dia menyatakan bahwa hal tersebut menunjukkan bahwa model bisnis LinkAja mampu mendapatkan dukungan dari pihak internasional.

Shinichi Kikuchihara, Direktur Utama PT Mitsui Indonesia, menambahkan bahwa Mitsui telah berkomitmen jangka panjang di Indonesia sejak tahun 1901. 

Mitsui telah berkembang dalam berbagai sektor strategis di Indonesia, termasuk Infrastruktur & Energi, Mobilitas, Baja, Kimia Pangan & Ritel, dan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK). Beberapa investasi Mitsui di Indonesia termasuk Bussan Auto Finance (pembiayaan ritel sepeda motor) dan langganan obligasi konversi di CT Corp. 

:Seiring dengan terus berjalannya proses digitalisasi, kami juga semakin memperluas fokus kami pada nilai ekonomi digital, termasuk keuangan digital di Indonesia. Sebagai perusahaan dengan fondasi bisnis yang kuat dengan ekosistem pemegang saham yang solid, kami yakin Mitsui dan LinkAja dapat saling berkontribusi dalam perkembangan industri keuangan digital Indonesia,” papar Shinichi melalui pengumuman yang diterima TrenAsia, Rabu, 27 Maret 2024.

Melalui model bisnis yang diubah dan strategi efisiensi biaya, LinkAja mencatat peningkatan kinerja yang positif dengan membukukan EBITDA selama dua kuartal berturut-turut pada akhir 2023. 

Di tahun 2024, LinkAja tetap fokus pada sinergi dengan BUMN. Investasi strategis dari Mitsui akan membuka peluang bagi LinkAja dan Mitsui untuk menggabungkan keunggulan bersaing masing-masing untuk berkontribusi pada ekonomi digital di Indonesia.

Yogi Rizkian Bahar, Direktur Utama LinkAja, menyatakan bahwa LinkAja telah menunjukkan kinerja yang solid di tengah kondisi "tech winter" global. 

“Untuk bisnis B2B kami telah mendigitalisasi sistem pembayaran dalam rantai pasok tradisional Telkomsel, yang saat ini memberikan kontribusi sekitar ~20% terhadap pendapatan perusahaan. Kami percaya bahwa kolaborasi strategis adalah kunci dalam bisnis digital, dan kami juga telah memulai kemitraan strategis dengan mitra lain termasuk pemain global, Mitsui,” ungkap Yogi.

Yogi yakin bahwa investasi strategis dari Mitsui akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, pengguna, pemangku kepentingan, serta akan berkontribusi pada perkembangan industri keuangan digital di Indonesia.

Baca Juga: Kerja Sama dengan LinkAja, Hotel Indonesia Group Beri Diskon untuk Karyawan BUMN

Pada bulan Februari, LinkAja meluncurkan Program Pertukaran Poin Loyalti dalam Ekosistem BUMN melalui AKHLAK Point. 

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen LinkAja untuk meningkatkan sinergi kolaboratif dengan BUMN. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ekosistem digital, memberikan nilai tambah bagi konsumen, dan mendorong keberlanjutan bisnis perusahaan. Investasi strategis dari Mitsui diharapkan dapat mempercepat inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia.

Mitsui & Co., Ltd. (8031: JP) adalah perusahaan perdagangan dan investasi global dengan jaringan di lebih dari 60 negara dan portofolio bisnis yang beragam dari berbagai industri. 

Perusahaan ini mengidentifikasi dan mengembangkan bisnisnya bersama mitra jaringan global yang terpercaya, termasuk perusahaan-perusahaan terkemuka dunia. Mitsui memiliki tiga inisiatif strategis dalam rencana manajemen jangka menengahnya, yaitu mendukung pertumbuhan industri dengan pasokan sumber daya yang stabil, menyediakan infrastruktur, mendorong transisi global ke energi terbarukan, dan memberdayakan masyarakat untuk menjalani kehidupan sehat melalui penyediaan perawatan kesehatan berkualitas dan akses gizi yang baik.