Portugal, yang tergabung dalam Grup F, akan menghadapi Republik Ceko pada laga perdana Euro 2024.
Olahraga

Link Live Streaming Portugal Vs Ceko di Euro 2024, Cek Siapa Pemain Termahal?

  • Cristiano Ronaldo akan mencatatkan sejarah sebagai pemain pertama yang berpartisipasi di Euro sebanyak enam kali sejak debutnya pada 2004 bersama Portugal.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Portugal, yang tergabung dalam Grup F, akan menghadapi Republik Ceko pada laga perdana Euro 2024. Pertandingan ini akan berlangsung di Red Bull Arena Leipzig pada Rabu, 19 Juni 2024, dengan kick-off pukul 02:00 WIB. 

Yang menarik dari laga ini, Cristiano Ronaldo akan mencatatkan sejarah sebagai pemain pertama yang berpartisipasi di Euro sebanyak enam kali sejak debutnya pada 2004 bersama Portugal. Prestasi tersebut unggul dua edisi dibandingkan para kompetitornya yang kebanyakan hanya tampil di empat edisi Euro saja. 

Selain rekor itu, Ronaldo yang kini berusia 39 tahun juga menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang masa di Euro. Ronaldo telah mencatatkan 25 penampilan bersama Portugal, dengan 23 di antaranya sebagai starter dari lima edisi Piala Eropa sebelumnya (2004, 2008, 2012, 2016, dan 2021).

Nah tidak menutup kemungkinan pada Euro kali ini Ronaldo akan menambah jumlah pertandingannya, mengingat Portugal yang kini diasuh oleh Roberto Martinez diunggulkan meraih trofi ini karena diperkuat oleh bintang-bintang dari liga top Eropa seperti Bernardo Silva, Joao Felix, Bruno Fernandes dan Ruben Dias.

Data dari Transfermarkt.com menunjukkan Portugal adalah timnas paling bernilai urutan ketiga di Euro 2024 dengan total nilai pasar mencapai Rp18,32 triliun. Adapun rata-rata harga pemain tim berjuluk Selecao das Quinas berada di angka Rp700,96 miliar. 

Dari 26 pemain yang dipanggil Martinez ke Jerman, bintang AC Milan Rafael Leao menjadi pemain paling bernilai di skuat Portugal dengan nilai pasar Rp1,56 triliun. Menyusul di posisi kedua dan ketiga adalah bintang Premier League, Ruben Dias dan Bruno Fernandes, dengan nilai pasar masing-masing Rp1,39 triliun dan Rp1,21 triliun.

Bak bumi langit, pemain dengan nilai pasar termahal di Republik Ceko, hanya di angka Rp521,45 miliar dipegang oleh Tomas Soucek. Sementara itu, nilai pasar keseluruhan negara yang dulunya bernama Cekoslovakia dan pernah memenangi Euro edisi 1976 ini hanya berada di level Rp3,26 triliun.

Selain dominasi di pasar, Portugal juga unggul head-to-head dengan Ceko dalam lima pertandingan terakhir di kompetisi resmi, dengan mencatatkan 4 kemenangan dan hanya mengalami 1 kekalahan. Satu-satunya kemenangan Ceko atas Portugal terjadi pada perempat final Euro 1996 silam. 

Namun demikian, Portugal juga perlu waspada pada laga ini mengingat selama kualifikasi Euro 2024, Ceko berhasil mengumpulkan 15 poin dan duduk di peringkat kedua Grup E dan hanya kalah selisih gol dari Albania. Tak ayal, laga nanti malam juga berpotensi menyuguhkan pertarungan sengit.

Anda dapat menonton pertandingan ini secara langsung di televisi atau melalui siaran live streaming. Perlu dicatat, seluruh pertandingan Euro 2024 akan disiarkan di platform penyiaran milik MNC Group, termasuk di kanal RCTI dan MNC TV. 

Anda juga dapat menonton EURO 2024 melalui live streaming Vision+. Untuk akses ini, ada biaya berlangganan sebesar Rp 99.000. Berikut adalah tautan untuk pertandingan Portugal vs Ceko: [LINK STREAMING].