Final Euro 2024 akan mempertemukan Spanyol melawan Inggris. Pertandingan ini akan digelar di Olympiastadion Berlin pada Senin, 15 Juli pukul 02.00 WIB dini hari.
Olahraga

Link Live Streaming Spanyol Vs Inggris di Final Euro 2024

  • Final Euro 2024 juga menjadi ajang adu gengsi dua brand raksasa olahraga, yakni Adidas dan Nike. Adidas menjadi sponsor jersey Spanyol hingga 2026, sementara Nike mensponsori jersey Inggris hingga 2030.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Final Euro 2024 akan mempertemukan Spanyol melawan Inggris. Pertandingan ini akan digelar di Olympiastadion Berlin pada Senin, 15 Juli pukul 02.00 WIB dini hari. Laga akbar ini juga dapat disaksikan melalui link live streaming.

Kedua tim memiliki perjalanan yang berbeda menuju babak final. Spanyol berhasil menyapu bersih enam kemenangan dari fase grup hingga fase gugur, sementara Inggris menunjukkan ketangguhannya dengan menang lewat comeback setelah sempat tertinggal lebih dulu di fase gugur.

Dari segi kekayaan skuad, tim nasional Inggris yang saat ini dilatih oleh Gareth Southgate memiliki nilai pasar jauh lebih tinggi dibandingkan Spanyol, yang hanya mencatatkan nilai pasar sebesar Rp16,78 triliun. 

Sementara nilai pasar skuad Inggris mencapai Rp26,3 triliun, menjadikannya tim dengan nilai tertinggi di Euro 2024. Namun, dalam hal pengalaman bertanding di laga final, Spanyol sedikit lebih unggul.

Bagi Spanyol, Euro 2024 akan menjadi final kelima mereka dalam kompetisi ini. Sebelumnya, La Furia Roja telah tiga kali menjadi juara Piala Eropa. Hal tersebut berbanding terbalik dengan Inggris, yang hingga kini belum pernah menjadi kampiun ajang ini.  

Kendati begitu, Inggris, yang dikenal dengan julukan Tiga Singa, unggul dengan catatan 14 kemenangan dari total 27 pertemuan melawan La Furia Roja. Spanyol hanya meraih 10 kemenangan, sementara 3 pertemuan lainnya berakhir imbang.

Begitu juga dalam dua pertemuan kedua tim di ajang Euro sebelumnya, Inggris selalu keluar sebagai pemenang. Tiga Singa berhasil menang 2-1 pada Euro 1980 di babak grup dan memenangi adu penalti di perempat final Euro 1996.

Adu Gengsi Dua Brand

Final Euro 2024 juga menjadi ajang adu gengsi dua brand raksasa olahraga, yakni Adidas dan Nike. Adidas menjadi sponsor jersey Spanyol hingga 2026, sementara Nike mensponsori jersey Inggris hingga 2030.

Di ajang ini, brand asal Amerika Serikat itu lebih unggul dari Adidas dalam jumlah negara yang disponsorinya, yaitu sebanyak 9 negara termasuk Inggris. Sementara, Adidas hanya mendukung 5 negara, termasuk Spanyol.

Meski begitu, jika menilai kinerja saham sepanjang tahun ini, saham Nike telah mengalami depresiasi sebesar 33,11%, sementara kompetitornya, Adidas, sedang menikmati masa bulan madu dengan kenaikan saham mencapai 23,92% secara year-to-date.

Penurunan performa saham Nike dipandang oleh banyak analis karena kurang berinovasi dalam peluncuran produknya. Hal ini kontras dengan brand asal Jerman itu yang sukses menghadirkan sepatu seri Samba dan Gazelle dengan warna baru dalam edisi terbatas.

Namun, Nike masih unggul dibandingkan Adidas dari kinerja bulanan. Pada Mei 2024, Nike berhasil membukukan pendapatan sebesar US$12,4 miliar, meski turun 1,17% secara tahunan. Namun, laba bersihnya mencapai US$1,5 miliar, naik 45,49% secara tahunan.

Sementara itu, Adidas yang baru melaporkan kinerja per Maret 2024 telah membukukan pendapatan sebesar 5,46 miliar euro, melesat 3,49% yang berdampak  laba bersih brand tiga garis melesat 534,9% secara tahunan menjadi 170 juta euro.

Link Streaming

Nah, Anda dapat menyaksikan pertandingan ini langsung di televisi atau melalui siaran live streaming. Semua pertandingan Euro 2024 akan ditayangkan di platform penyiaran MNC Group, termasuk di kanal RCTI dan MNC TV.

Selain itu, Anda juga bisa menonton Euro 2024 melalui live streaming Vision+. Untuk mengakses layanan ini, Anda perlu berlangganan dengan biaya Rp99.000. Berikut adalah tautan untuk menonton pertandingan Spanyol vs Inggris: LINK STREAMING