Maskapai penerbangan Lion Air kembali terbang. Foto: Lion Air Group/Facebbok.
Nasional & Dunia

Lion Air Gagal Lepas Landas di Bandara Sepinggan, Kok Bisa?

  • BALIKPAPAN – Pesawat Lion Air dengan kode JT-261 batal terbang dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, menuju Surabaya, pada Minggu (21/2/2021). Padahal, pesawat Boeing 737-900ER PK-LHM itu sudah berada di landasan pacu dan siap lepas landas pada pukul 14.40 Wita. Namun, pilot pesawat mengurangi kecepatan dan berhenti di ujung landasan. “Pilot mengidentifikasi ada indikator di kokpit yang […]

Nasional & Dunia
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

BALIKPAPAN – Pesawat Lion Air dengan kode JT-261 batal terbang dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, menuju Surabaya, pada Minggu (21/2/2021).

Padahal, pesawat Boeing 737-900ER PK-LHM itu sudah berada di landasan pacu dan siap lepas landas pada pukul 14.40 Wita. Namun, pilot pesawat mengurangi kecepatan dan berhenti di ujung landasan.

“Pilot mengidentifikasi ada indikator di kokpit yang menunjukkan ada komponen mesin yang perlu pengecekan lebih lanjut dan memutuskan batal terbang,” tutur Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dilansir dari Antara.

Menurutnya, kecepatan mesin rendah menjadi faktor penyebab pilot mengambil keputusan untuk batal lepas landas. Pesawat pun dihentikan dan dan kembali ke apron. Sebanyak 73 orang penumpang dewasa dan 2 anak-anak, termasuk 7 awak pesawat, kembali ke terminal.

“Tidak ada yang mengalami cedera. Semua selamat,” kata Danang.
Atas kejadian tersebut, Lion Air meminta maaf.

Untuk menerbangkan penumpang ke Surabaya, Lion Air mengirim PK-LJV dari Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan 16.35 Wita dan tiba di Surabaya pukul 17.10 WIB. Seluruh penumpang sudah tiba dengan selamat di Surabaya.

“Tapi kami mempersilakan bila ada penumpang yang ingin refund atau uang tiketnya dikembalikan atau mengubah jadwal keberangkatan, dalam hal ini bukan pada pukul 16.35,” kata Danang.

Saat ini, teknisi masih memeriksa Boeing 737-900ER PK-LHM.

Danang menjelaskan bahwa JT-261 tujuan Surabaya tersebut dalam kondisi baik. Semua standar operasional telah dijalankan sebelum pesawat lepas landas. Pesawat dinyatakan laik terbang.

Kejadian terakhir yang dialami pesawat Lion Air di Bandara Sepinggan yakni pada 23 Oktober 2011. Saat itu, pesawat yang baru mendarat terperosok rodanya di aspal lunak di ujung landasan. Kala itu hujan dan angin melanda Balikpapan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.