Pesawat Lion Air
Nasional & Dunia

Lion Air Umumkan Jadwal Penerbangan Langsung Semarang ke Arab Saudi, Ini Rinciannya

  • Jadwal penerbangan langsung Lion Air dari Bandara Ahmad Yani Semarang ke Madinah, Arab Saudi akan dibuka pada 01 Agustus 2023.
Nasional & Dunia
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – PT Lion Group atau maskapai Lion Air resmi mengumumkan jadwal penerbangan langsung dari Bandara Ahmad Yani Semarang ke Madinah, Arab Saudi. Rute ini nantinya akan menggunakan pesawat Boeing 737-9 dan aktif layani penumpang mulai tanggal 1 Agustus 2023. 

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan penerbangan diberangkatkan dari Semarang pada pukul 09.15 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah, Arab Saudi pada 17.15 waktu setempat. Sedangkan untuk rute kepulangan dijadwalkan pada pukul 20.25 waktu setempat, dan tiba di tanah air pukul 12.55 WIB. 

“Penerbangan perdana ini menandai upaya Lion Air dalam memperluas jaringan destinasi dan menawarkan lebih baik bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan perjalanan umrah dan wisata  yang semakin meningkat dari Jawa Tengah khususnya,” jelas Danang dalam keterangan resmi dikutip TrenAsia.com, Selasa, 25 Juli 2023.

Selain mengakomadasi perjalanan jemaah umrah ke tanah suci yang berasal dari Jawa Tengah. Menurut Lion Air penerbangan langsung dari Semarang ke Madinah atau sebaliknya, dapat memanjakan para wisatawan kedua wilayah. 

"Penerbangan perdana Semarang ke Madinah menjadi bukti komitmen Lion Air dalam mendukung sektor pariwisata sesuai kampanye semarak musim panas (rethink summer) Saudi guna mengakomodir kebutuhan perjalanan umrah dari Indonesia," ujar Danang.

Disamping itu, Lion Air percaya dengan adanya penerbangan ini memacu pembukaan lapangan kerja khususnya pada sektor pariwisata di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.  

"Pengeluaran wisatawan untuk akomodasi, makanan, oleh-oleh dan berbagai layanan lainnya akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal," ungkap Danang.

Danang kemudian menjelaskan sejumlah pertimbangan sehingga Lion Air memutuskan untuk membuka rute penerbangan langsung dari Semarang ke Arab Saudi. 

Pertama, tren generasi yang semakin mandiri dan berkembang pesat, semakin banyak kalangan muda mudi dari wilayah Semarang yang mengakui pentingnya menjalankan ibadah sambil mengeksplorasi dunia sebagai bagian dari lifestyle mereka.

Kedua, jamaah umrah dan wisatawan dari Jawa Tengah dan sekitarnya akan memiliki pilihan penerbangan yang lebih mudah dan nyaman menuju kota suci Madinah karena tidak perlu lagi melakukan transit atau berganti pesawat di kota lain di Indonesia.

Ketiga, menghemat waktu dan biaya sehingga menjadi lebih murah dan efisien. Penawaran terbaik mulai dari Rp 15,3 juta untuk program 9 hari dari Mama Tour and Travel.

Keempat, meningkatkan konektivitas antara Jawa Tengah dan wilayah di sekitarnya dengan Saudi. Harapannya, hal ini akan mendukung pertumbuhan perekonomian serta membuka peluang untuk kerjasama bisnis dan perdagangan antarkedua wilayah