Groundbreaking Park Serpong oleh 
Lippo Karawaci (LPKR)
Properti

Lippo Karawaci (LPKR) Groundbreaking Proyek Park Serpong Seluas 400 Hektare

  • PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) telah memulai pengembangan skala kota berukuran 400 hektar (ha) yang diberi nama Park Serpong.

Properti

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) telah memulai pengembangan skala kota berukuran 400 hektare (ha) yang diberi nama Park Serpong. Kota baru ini menyediakan berbagai sarana dan prasarana modern nan nyaman. 

CEO Lippo Land David Iman Sentosa mengatakan bahwa seremoni groundbreaking Park Serpong, menandai dimulainya pembangunan kota baru seluas 400 ha di lokasi tengah Serpong, Tangerang.

David menyebut kota baru Park Serpong ini dikembangkan oleh kerja sama operasi (KSO) VPIN, yakni antara PT Muliasentosa Dinamika dan PT Villa Permata Indah Nirwana.

"Perusahaan telah menunjuk 4 kontraktor PT Sri Wijaya Kusuma, PT Ladang Karya Utama, PT Delta Bangun Kharisma, PT Nynaz Menara Cakti yang berpengalaman di bidang infrastruktur dan pembangunan kota," jelasnya dalam keterangan resmi, pada Kamis, 07 Desember 2023. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua konsumen yang dengan antusias memilih unit XYZ (Exist) Livin atau Cendana Livin di Park Serpong. Adapun, fasilitas kolam renang direncanakan akan beroperasi pada Januari 2024, siap dimanfaatkan oleh konsumen.

Selain kolam renang, Park Serpong juga memiliki 5 danau dan 5 pusat kegiatan/aktifitas di dalam kota baru, yang terdiri dari Education, Business & Commerce, Healthcare & Wellness, Shopping & Entertainment, dan Sport & Leisure.

Menariknya, Park Serpong ini memiliki memiliki 5 distrik antara lain yang pertama adalah Park Botanic - Botanic Residential and Green District (Distrik Hunian Hijau dan Botanikal). Kedua adalah Park Avenue - Town Center and Commercial District (Distrik Pusat Kota dan Area Komersial)

“Ketiga Park Reflection - Waterside Community Center and Residential District (Distrik Pusat Komunitas dan Hunian Tepi Air). Keempat Park Stream - Vibrant Waterway Residential District (Distrik Hunian Tepi Air). Kelima Park Hills - Contoured Residential District (Distrik Hunian di Perbukitan),” jelas David. 

David menjelaskan, kehadiran Park Serpong juga dapat meningkatkan kinerja LPKR. Sebab, pada kuartal III-2023 persaroan telah membukukan marketing sales sebesar Rp3,36 triliun. Jumlah tersebut mampu memenuhi 68,5% dari target prapenjualan tahun ini, yakni Rp4,9 triliun.

Potensi Serpong

Menurut David, wilaya Serpong kini telah menjadi area hunian mewah yang berkembang pesat. Hal itu tercermin dari beragam fasilitas premium mudah ditemukan di daerah tersebut, termasuk dalam hal pendidikan, pusat perbelanjaan, layanan kesehatan, perkantoran, dan rekreasi.

Selanjutnya, di bidang pendidikan misalnya, terdapat Universitas Pelita Harapan di Lippo Village yang menjadi pilihan yang sangat dekat dengan Serpong. Tak hanya itu, area ini juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan seperti Living World Alam Sutera, Supermal Karawaci, dan Mal Summarecon Serpong. Fasilitas kesehatan pun terjamin dengan kehadiran Siloam Hospitals Lippo Village.

Kemudian dari sisi akomodasi, Serpong juga mudah dijangkau dari berbagai arah, seperti dari Tol Jakarta–Merak, Tol Jakarta–Balaraja, dan Tol JORR W2. Rencana pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) fase III koridor Cikarang-Balaraja akan semakin mempermudah akses dan mobilitas di sana dengan salah satu stasiunnya berada di persimpangan jalan Tol Jakarta-Merak dan Jalan Raya Legok, Tangerang.

David menambahkan, rencananya akan ada shuttle bus (pulang-pergi) dari stasiun MRT tersebut menuju Lippo Village, Intermoda BSD, dan Serpong. Dengan hadirnya beragam hunian, fasilitas premium, infrastruktur yang baik, serta akses yang mudah, nilai tanah di Serpong secara alami meningkat dari tahun ke tahun.

Sebagai informasi, LPKR yang bertanggung jawab atas pengembangan Lippo Village juga telah memiliki cadangan lahan strategis di tengah-tengah Serpong. Lahan ini menjadi lokasi sejumlah proyek besar, yang meliputi Gading Serpong, Summarecon Serpong, Paramount Serpong, Lippo Village, BSD City, dan Alam Sutera.