<p>Ustad Yusuf Mansur / Facebook: @UstadzYusufMansur</p>
Korporasi

Lirik Bisnis Logistik, Ustaz Yusuf Mansur Ikut Konsorsium Zebra Nusantara (ZBRA)

  • Ustaz Yusuf Mansur mencoba peruntungan pada bisnis logistik dan distribusi melalui konsorsium di PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA).
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Ustaz Yusuf Mansur mencoba peruntungan pada bisnis logistik dan distribusi melalui konsorsium di PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA). Sebab, potensi usaha sektor ini cukup menjanjikan di tengah pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai.

Pemuka agama kondang yang karib disapa UYM ini melihat prospek bisnis yang menjanjikan pada ZBRA, melalui anak usahanya DNR Corporation. Perusahaan ini bergerak di bidang logistik dengan pengalaman sebagai distribusi alat kesehatan dan farmasi dengan Gudang yang tersebar di 32 provinsi.

“Saya melihat ZBRA lewat DNR ini menjadi sebuah bagian yang lengkap dan bisa implementasikan konsep integrated end-to-end supply chain solution untuk berbagai macam kegiatan logistik maupun pendisitribusian secara offline dan online di seluruh Indonesia,” ujarnya, Selasa, 24 Agustus 2021.

Seperti diketahui, Zebra Nusantara telah bertransformasi sepenuhnya menjadi perusahaan supply chain dari sebelumnya bergerak pada jasa transportasi taksi dengan masuknya PT Trinity Healthcare (THC) sebagai pemegang saham pengendali menggantikan PT Infinity Wahana.

Komisaris Utama Zebra Nusantara Robert Pakpahan mengatakan, THC yang juga merupakan pemegang saham pengendali DNR Corporation, akan membuat bisnis DNR Corporation menjadi bisnis utama yang akan dijalankan ZBRA dengan konsep integrated end-to-end supply chain solution.

“Dengan masuknya DNR Corporation sebagai bagian utama dalam bisnis ZBRA, tentu saja akan memberi tren positif bagi bisnis ZBRA ke depannya, serta menambah dampak yang baik kepada aktivitas bisnis logistik,” tuturnya pada awal Juni 2021.

DNR Corporation melalui anak usahanya yakni DNR Distribution, iStoreiSend Indonesia (SSI), MTG, DPORT, dan BIG telah lama menjalani bisnis tersebut. DNR Distribution sendiri fokus pada layanan distribusi yang mencakup ritel offline maupun online pada semua kategori produk.

Sedangkan, iStoreiSend Indonesia (SSI) memberikan solusi e-logistics dan e-fulfillment dengan menghadirkan pusat multi-gudang dengan mengombinasikan antara layanan gateway dan e-fulfillment yang terintegrasi dengan sistem digital Warehouse Management System (WMS).

Selanjutnya, DPORT merupakan unit bisnis memberikan solusi kebutuhan on demand logistic berbasis teknologi digital. Lalu, MTG memungkinkan pemanfaatan solusi logistik 3PL dari hulu ke hilir yang mencakup cross border, warehousing, dan freight forwarding.

THC dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan umum. Sebelumnya, pada 26 Februari 2021 THC telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (PJBB) dengan pihak PT Infiniti Wahana (IW) selaku pemegang saham pengendali dalam ZBRA.

Pemegang saham mayoritas THC Rudy Tanoesoedibjo, kakak kandung konglomerat Hary Tanoesoedibjo, mengungkapkan pengambilalihan ini guna mengembangkan bisnis perseroan dengan membangun sinergi bersama unit-unit usaha THC lainnya guna mencapai kemajuan perusahaan yang menjanjikan.