<p>Chairman MNC Group, Konglomerat Hary Tanoesoedibjo saat meresmikan pembangunan Movieland milik PT MNC Studios International Tbk (MSIN) / Facebook @harytanoeofficial</p>
Tekno

Lirik Potensi Gim Mobile, MNC Studios Milik Hary Tanoe Gandeng Moonton Gelar Program E-Sport

  • PT MNC Studios International Tbk (MSIN), melalui anak usahanya PT Esports Star Indonesia (ESI) berkolaborasi dengan pengembang gim Mobile Legends, Moonton untuk mengadakan program pencarian bakat bernama E-Sports Star Indonesia season 2.

Tekno
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo, PT MNC Studios International Tbk (MSIN), melalui anak usahanya PT Esports Star Indonesia (ESI) berkolaborasi dengan pengembang gim Mobile Legends, Moonton untuk mengadakan program pencarian bakat bernama E-Sports Star Indonesia season 2.

Melalui kerja sama ini, perseroan akan memproduksi dan menyiarkan pertandingan Mobile Legends: Bang Bang, yang merupakan game seluler peringkat 1 di Indonesia berdasarkan pengguna aktif bulanannya berdasarkan laporan Hootsuite.

Direktur MSIN, Valencia Tanoesoedibjo melihat adanya potensi besar dalam industri gim di Indonesia. Dengan adanya kolaborasi ini, ia berharap dapat semakin memperluas keterlibatan perseroan untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan industri gim nasional.

“Dengan Moonton, kami optimistis dapat mencapai terobosan lebih lanjut di industri hiburan dan gim, dengan memberikan hiburan yang menarik dan mengedukasi,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa, 6 Juli 2021.

Valencia mengatakan, season kedua dari program ini dilaksanakan sehubungan dengan besarnya antusiasme pemirsa pada season pertama, yang sukses ditayangkan pada bulan Agustus – Desember 2020 dan mampu menarik lebih dari 27.000 peserta pada proses audisi.

Unit gim khusus yang dimiliki perseroan menargetkan untuk merilis gimnya sendiri berjudul Rapid Fire pada bulan September 2021 melalui kemitraan dengan pengembang game asal Korea Selatan, LightningVR.co., Ltd (LVR).

“Selanjutnya, kesepakatan tersebut mencakup hak penerbitan global untuk semua negara, termasuk E-Sports, lisensi, dan hak yang terkait dengan penjualan merchandise,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa ESI didirikan untuk memberikan solusi inovatif end-to-end yang menyeluruh, mencakup pengembangan dan penerbitan gim, hingga manajemen event, yang terdiri dari manajemen bakat dan kompetisi E-Sports profesional, serta manajemen tim E-Sports.

Penerbitan game ESI akan didukung oleh TV FTA milik MNC, yaitu GTV sebagai saran pemasaran untuk pasar Indonesia, dan RCTI+ untuk mencakup pasar global. Kolaborasi dengan RCTI+ dipercaya bakal membawa manfaat untuk memajukan operasional gim ESI. (SKO)