Ilustrasi start up Mangkokku. Foto: instagram.com/@mangkokku_id
Industri

Lirik Start Up Kuliner, Emtek Suntik Rp101 Miliar ke Mangkokku Milik Gibran dan Kaesang

  • PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) ikut pendanaan seri A dengan total nilai US$7 juta ke start up kuliner milik anak Jokowi.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) ikut pendanaan seri A dengan total nilai US$7 juta atau setara dengan Rp101 miliar (asumsi kurs Rp14.465 per dolar Amerika Serikat) ke start up kuliner Mangkokku. Start up ini dimiliki oleh dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Pendanaan seri A ini dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan Emtek dengan partisipasi dari Cakra Ventures.

Pendanaan ini akan digunakan Mangkokku untuk mendukung ekspansi perusahaan, di antaranya memperbanyak restoran dine-in sembari menambah gerai cloud kitchen di kota-kota baru.

Mangkokku juga berencana untuk meluncurkan aplikasinya sendiri pada akhir tahun ini untuk penyediaan layanan pesan-antar, pick-up, program loyalitas, serta promosi khusus.

“Selain itu, Mangkokku juga menargetkan untuk membuka outlet ke-100-nya tahun ini serta 100 gerai lagi di 2023. Kami ingin Mangkokku menjadi perusahaan New Retail terbaik di Indonesia,” ujar Co-founder dan CEO Mangkokku Randy Kartadiniata dikutip dari keterangan pers, Selasa, 7 Juni 2022.

Di samping ekspansi toko, Randy juga mengatakan, Mangkokku memiliki visi untuk menjadi perusahaan dengan produk dan ekosistem yang lengkap serta membawa kuliner lokal ke panggung dunia.

Untuk mencapai visi itu, Mangkokku telah meluncurkan holding company Nusantara Culinary Group untuk menghadirkan hidangan yang variatif.

“Kami mulai dengan minuman dan sambal kemasan dan akan meluncurkan jenis hidangan lainnya tahun ini dan seterusnya untuk menjadi solusi kuliner end-to-end bagi pelanggan kami,” ungkap Randy.

Sebagai informasi, Mangkokku didirikan oleh Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep pada 2019. Saat ini, Mangkokku memiliki 50 cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Malang, Semarang, Solo, dan Bandung.

Pada 2020, start up Mangkokku memperoleh pendanaan awal (pre-seed funding) dari Alpha JWC Ventures. Sejak saat itu, penjualan Mangkokku telah tumbuh enam kali lipat dan berhasil menyajikan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahunnya melalui pemesanan online dan offline.

Co-founder dan General Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe pun mengatakan bahwa Mangkokku terus meraih pencapaian baru sejak memperoleh pendanaan awal, di antaranya peluncuran flagship store di Jakarta, ekspansi gerai di 10 kota besar Indonesia, dan pembentukan basis pelanggan yang kuat secara online dan offline.

“Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama dengan Randy dan tim, serta menantikan inovasi mereka selanjutnya,” kata Jeffrey.