<p>Ajang Contact Center World (CCW) APAC Award 2020 yang berlangsung secara virtual pada tanggal 19-23 Oktober 2020. / https://www.contactcenterworld.com</p>
TEKNOLOGI

LISA, Robot Bank Indonesia Yang Siap Melayani Anda

  • JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melakukan terobosan baru dengan meluncurkan chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia) melalui aplikasi Whatsapp, Line Messenger, dan Facebook Messenger. Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono mengatakan, layanan ini merupakan robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang dapat menirukan percakapan manusia melalui pesan teks. “Peluncuran chatbot LISA menjadi inovasi layanan yang memberikan kemudahan untuk memperoleh […]

TEKNOLOGI
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melakukan terobosan baru dengan meluncurkan chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia) melalui aplikasi Whatsapp, Line Messenger, dan Facebook Messenger.

Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono mengatakan, layanan ini merupakan robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang dapat menirukan percakapan manusia melalui pesan teks.

“Peluncuran chatbot LISA menjadi inovasi layanan yang memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi terkait.

Lebih lanjut, katanya, BI akan terus berkomitmen untuk menjadi lembaga publik yang menjunjung tinggi transparansi dalam memberikan layanan informasi.

Chatbot LISA sendiri menjadi kanal baru terkait informasi publik BI. Masyarakat dapat mengakses Kurs Bank Indonesia, Perizinan QR Code Indonesian Standard (QRIS), Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI), informasi debitur, serta layanan Contact Center BICARA 131 lainnya.

Layanan chatbot ini pun aktif 24 jam setiap hari melalui Whatsapp Messenger pada nomor 081131131131.

Selain itu, hadir pula di Line dengan username @bank_indonesia. Untuk Facebook Messenger, akses di luar jam operasional bisa dilakukan pada nomor 131.

Bersertifikat dan Raih Medali

Sebagai informasi, pusat komunikasi atau contact center BICARA 131 telah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 standar internasional manajemen mutu oleh perusahaan TUV SUD Indonesia.

Belum lama ini, contact center BI ini juga memenangkan penghargaan dalam ajang Contact Center World (CCW) APAC Award 2020.

Kompetisi yang digelar setiap tahun ini mempertemukan praktisi contact center terbaik dari negara-negara di Asia Pasifik.

Tahun ini, penyelenggaraan berlangsung secara virtual pada tanggal 19-23 Oktober lalu.

Ada sebelas medali yang didapatkan BI. Medali tersebut untuk 11 kategori corporate dan individu.

Adapun dari sebelas medali, lima di antaranya medali gold, tiga silver, dua bronze, dan satu runner up.

Berikut perolehan medali yang diterima BI dalam CCW – APAC Award 2020.

Gold Medal

  • Best Contact Center 
  • Best Public Service
  • Best Use of Social Media
  • Best Supervisor 
  • Best in Customer Service

Silver Medal

  • Best Incentive Scheme
  • Best Trainer
  • Best Customer Service Profesional

Bronze Medal

  • Best Direct Response Campaign 
  • Best Quality Auditor Runner Up Best Operational Manager