tom cruise.jpg
Olahraga

Lompatan Tom Cruise Tutup Olimpiade Paris 2024

  • Dengan kostum khasnya, Tom Cruise melompat dari atap stadion, mendarat dengan sempurna, dan langsung mengejar bendera Olimpiade yang dibawa oleh atlet terkenal.

Olahraga

Prita Lyani Ayuninda

JAKARTA – Olimpiade Paris 2024 resmi ditutup pada Minggu 11 Agustus 2024 waktu Prancis.  Aktor laga Tom Cruise berhasil membuat penonton terkesima di upacara penutupan Olimpiade Paris 2024. 

Tom Cruise, sang bintang laga, berhasil mengubah Stade de France menjadi set film aksi dengan penampilannya yang spektakuler.  Dengan kostum khasnya, Tom Cruise melompat dari atap stadion, mendarat dengan sempurna, dan langsung mengejar bendera Olimpiade yang dibawa oleh atlet terkenal.

Aksi kejar-kejaran dengan motor yang disusul adegan terbang melewati Menara Eiffel semakin membuat penonton tercengang. Tom Cruise menjadi simbol untuk Olimpiade selanjutnya di Los Angeles 2028. 

Dikutip dari AFP, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, mengatakan bahwa “Olimpiade Paris telah menjadi olahraga dalam bentuk terbaiknya. Ini adalah Olimpiade yang sensasional dari awal hingga akhir, Atau berani saya katakan Olimpiade yang Seine-sational.”

"Teman-teman Prancis yang terhormat, kalian telah jatuh cinta dengan Olimpiade. Dan kami telah jatuh cinta dengan kalian semua," ucap Bach.

Acara penutupan Olimpiade Paris juga menampilkan sekitar 270 artis, seperti Billie Eilish, Red Hot Chili Peppers, dan Snoop Dogg menghibur penonton dari Pantai Venice. Selain itu, sebagai bagian dari perayaan penutupan Olimpiade Paris 2024, sekitar 9.000 atlet berjalan menuju stadion. 

"Kami tahu kalian akan hebat, tapi kalian benar-benar ajaib, Kalian membuat kami bahagia, kalian membuat kami merasa hidup, dunia sangat membutuhkan momen ini." ucap Kepala Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet kepada para atlet.

Upacara penutupan Olimpiade ini dibuka dengan atlet renang Prancis, Leon Marchand, satu-satunya atlet yang meraih empat medali emas dalam Olimpiade Paris tahun ini, ia memadamkan kuali api Olimpiade dan membawa nyala api dalam lentera menuju Stade de France.

Atlet rugby Prancis, Antoine Dupont, yang memimpin tim tuan rumah meraih medali emas, membawa bendera Prancis ke Stade de France bersama atlet lainnya yang sudah memenuhi lapangan.

Selain itu, Penyanyi Prancis Yseult melakukan penampilan penutup dengan membawakan lagu klasik My Way, yang dipopulerkan oleh Frank Sinatra tahun 1969. Penampilannya sangat memukau, dan dia berhasil membuat penonton terpikat dengan suara dan gayanya yang luar biasa, mengenakan pakaian Dior Haute Couture.

Pilihan lagu "My Way" adalah pilihan yang sangat menyentuh, menggabungkan tema kemenangan pribadi dan refleksi yang bergema di seluruh Olimpiade. Penampilan Yseult dianggap cocok sebagai penutup, yang mencerminkan semangat dan ketekunan yang dirayakan dalam acara Olimpiade.

Dengan 126 medali, 40 di antaranya emas, 44 medali perak, dan 42 medali perunggu, tim Amerika Serikat berada di puncak perolehan medali. Begitupun dengan Cina yang menempati posisi kedua setelah Amerika Serikat, China memperoleh keunggulan total medali 91, ia juga meraih 40 medali emas, 27 medali perak dan 24 medali perunggu.

Dikutip dari website Antara, Olimpiade Los Angeles 2028 akan diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 30 Juli 2028 dengan arena pertandingan yang tersebar di sebagian besar Kota Los Angeles, dan sebagian lainnya di Oklahoma City, Amerika Serikat.