Kereta Cepat Whoosh saat berhenti di Stasiun Halim, Sabtu 28 Oktober 2023 (Foto: Khafidz Abdulah/ Trenasia)
Transportasi dan Logistik

Long Weekend Iduladha, Okupansi Whoosh Tembus 95 Persen

  • Kereta Cepat Whoosh melayani lebih dari 21 ribu penumpang pada Sabtu 15 Juni 2024. Angka itu mencatatkan rekor tertinggi selama periode long weekend Iduladha yang berlangsung dari 14 hingga 18 Juni 2024.
Transportasi dan Logistik
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Kereta Cepat Whoosh melayani lebih dari 21 ribu penumpang pada Sabtu 15 Juni 2024. Angka itu mencatatkan rekor tertinggi selama periode long weekend Iduladha yang berlangsung dari 14 hingga 18 Juni 2024.

Eva Chairunisa, GM Corporate Secretary KCIC, menyatakan bahwa Kereta Cepat Whoosh tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk bertransportasi selama long weekend kali ini. 

“Tidak sedikit jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh di hari itu memiliki okupansi di atas 95%. Efisiensi dan efektifitas yang ditawarkan menjadi alasan utama masyarakat untuk menggunakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini," ujar Eva melalui pengumuman tertulis kepada awak media, Selasa, 18 Juni 2024. 

Stasiun Halim menjadi stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi, melayani sebanyak 13.550 penumpang atau sekitar 60% dari total penumpang Whoosh pada hari itu. Stasiun Padalarang melayani 5.703 penumpang, sementara Stasiun Tegalluar melayani 1.836 penumpang.

Secara keseluruhan, volume penumpang selama libur bersama Iduladha mengalami peningkatan sekitar 25% dibandingkan hari-hari biasa. 

Pada momen libur akhir pekan ini, tiket perjalanan Whoosh dari Halim yang berangkat antara pukul 06.40 hingga 18.00, atau 20 dari 24 perjalanan, mayoritas mencatat okupansi hingga 98%.

Hingga saat ini, tiket Whoosh yang telah terjual untuk periode 14 hingga 18 Juni mencapai 85 ribu tiket, dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring penjualan tiket di berbagai saluran yang masih berlangsung.

Eva menjelaskan bahwa banyaknya masyarakat yang memanfaatkan Whoosh sebagai moda transportasi dari dan menuju Jakarta-Bandung tidak terlepas dari inovasi layanan yang terus dilakukan oleh KCIC. 

Mayoritas penumpang Whoosh pada periode kali ini adalah wisatawan yang turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan menggunakan KA Feeder menuju Stasiun Bandung. 

Baca Juga: Puncak Long Weekend Iduladha: Kereta Cepat Whoosh Angkut 21 Ribu Penumpang

Diskon Whoosh

Melalui kolaborasi dengan destinasi wisata, penumpang Whoosh bisa mendapatkan diskon hingga gratis ke berbagai lokasi.

Benefit promo wisata yang bisa didapatkan oleh penumpang Whoosh antara lain:

  1. Gratis masuk dan shuttle ke Dusun Bambu dari Stasiun Padalarang
  2. Gratis masuk Farmhouse
  3. Gratis masuk Floating Market
  4. Gratis masuk The Great Asia Afrika
  5. Diskon 15% di Baker Street Resto cabang Cimandiri
  6. Gratis masuk Tepi Danau
  7. Gratis masuk Tepi Kota Healing
  8. Gratis masuk The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung
  9. Diskon 20% di seluruh restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung
  10. Diskon 20% dan free shuttle ke The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung
  11. Gratis masuk dan shuttle ke Dago Dream Park dari Stasiun Padalarang
  12. Diskon 10% setiap hari dan beli 2 gratis 1 setiap Jumat di Wahoo Waterworld Padalarang

Eva menambahkan bahwa KCIC tidak hanya berfokus pada layanan angkutan kereta cepat, tetapi juga berupaya untuk berkontribusi pada pengembangan dan peningkatan ekonomi di berbagai daerah. 

“Whoosh bukan hanya sebuah moda transportasi modern bagi masyarakat , tetapi juga bisa menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat," pungkas Eva.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fasilitas dan promo Whoosh, dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KCIC melalui nomor 150909, WhatsApp di 0815-1032-0909, email di cs@kcic.co.id, serta melalui Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.