Pertemuan antara LPEI dan PT Bank Tabungan Negara (BTN)
Perbankan

LPEI Bersinergi dengan BRI, BCA, dan BTN untuk Memperluas Ekosistem Ekspor

  • Dalam serangkaian pertemuan yang berlangsung secara terpisah, LPEI menjelaskan langkah-langkah transformasi yang telah mereka ambil sejak tahun 2020.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), yang juga dikenal sebagai Indonesia Eximbank, telah mengadakan pertemuan intensif dengan para pimpinan bank untuk memperkuat ekspor Indonesia. 

Dalam serangkaian pertemuan yang berlangsung secara terpisah, LPEI menjelaskan langkah-langkah transformasi yang telah mereka ambil sejak tahun 2020. 

Ini termasuk perbaruan model bisnis dengan meningkatkan kerja sama dalam ekosistem ekspor, peningkatan tata kelola, serta penguatan infrastruktur dan sumber daya manusia.

Dalam pertemuan dengan para pimpinan bank di Indonesia seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI/BBRI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN/BBTN), dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA), LPEI membahas kolaborasi untuk memberikan dukungan yang lebih besar kepada eksportir Indonesia, baik yang berupa usaha kecil dan menengah (UKM) maupun korporasi.

Baca Juga: Kejagung Usut Dugaan Korupsi di LPEI, Ada Dua Kelompok Nilainya Rp5,5 Triliun

“Sebagai mitra strategis bagi LPEI, pertemuan dengan jajaran pimpinan bank nasional dan internasional menjadi langkah yang positif untuk memperkuat kolaborasi bisnis yang lebih produktif, mendukung pertumbuhan ekspor masa depan, dan menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia,” kata Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso melalui keterangan yang diterima TrenAsia, Rabu, 27 Maret 2024. 

Riyani mengatakan, LPEI berkomitmen untuk menyediakan pembiayaan kepada sektor-sektor yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan ekspor, pendapatan, dan penciptaan lapangan kerja. 

Mereka juga berjanji untuk terus menjalankan mandat yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk serta mendorong ekspor nasional.

Pertemuan ini, yang berlangsung di Jakarta, menunjukkan kerja sama antara LPEI dan bank-bank mitra dalam mendukung ekspor Indonesia melalui langkah-langkah konkret dan kolaboratif yang profesional.

Riyani menegaskan bahwa LPEI, sebagai lembaga keuangan khusus negara, mengutamakan tata kelola perusahaan yang baik, berintegritas, dan berkomitmen untuk menindak tegas korupsi serta tindakan melawan hukum.

Baca Juga: Sri Mulyani Adukan Dugaan Korupsi di LPEI Rp2,5 Triliun

Sunarso, Direktur Utama BRI, menyatakan bahwa bank tersebut akan terus mendukung dan memperkuat hubungan bisnis dengan LPEI. 

“Kami mendukung LPEI untuk mengambil langkah penyehatan portofolio bisnis, serta melakukan transformasi yang berfokus pada pengembalian fungsi LPEI sebagai government agency dengan penerapan Good Corporate Governance (GCG)”, ungkap Sunarso.

Hal serupa juga disampaikan oleh Nixon LP Napitupulu, Direktur Utama BTN. Dia menyatakan bahwa BTN akan terus mengembangkan sinergi dengan LPEI untuk memperluas ekosistem ekspor dan meningkatkan perekonomian Indonesia melalui kegiatan ekspor. 

“BTN confident, BTN dan LPEI akan terus melanjutkan kerjasama yang telah terjalin cukup lama,” kata Nixon.