Karyawan beraktivitas di kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Senin, 9 Mei 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Perbankan

LPS: BPR Masih Punya Peluang Besar untuk Berkembang

  • Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) optimis Bank Perekonomian Rakyat (BPR) masih memiliki peluang besar untuk terus berkembang. Stabilnya perekonomiandan sistem keuangan di Tanah Air menjadi faktor pendorong bagi pertumbuhan BPR.
Perbankan
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) optimistis Bank Perekonomian Rakyat (BPR) masih memiliki peluang besar untuk terus berkembang.  Stabilnya perekonomiandan sistem keuangan di Tanah Air menjadi faktor pendorong bagi pertumbuhan BPR.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik Priyanto Budi Nugroho. Ia merinci, setidaknya terdapat tiga hal utama yang menjadi dasar peluang bagi pertumbuhan BPR ke depan.

“Peluang pertama adalah pertumbuhan pasar, dimana terus tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap industri keuangan untuk membantu menggerakkan roda perekonomian terutama di desa-desa," ungkap Priyanto dalam keterangan resmi dikutip  Selasa, 27 Juni 2023 di jakarta.

Tidak hanya itu, tranformasi digital yang terus berjalan juga dianggapnya sebagai peluang kedua yang dapat mendongkrak pertumbuhan BPR. Dengan memanfaatkan tekonologi, BPR dapat meningkatkan pelayanan sekaligus memperluas jangkauan pasarnya.

Hingga saat ini, sejumlah BPR pun telah berlomba-lomba dalam mengintegrasikan layanannya dengan teknologi. Hal itu ditandai dengan hadirnya beberapa aplikasi milik BPR yang menghadirkan sejumlah fitur layanan digital banking, layaknya bank umum.

Sementara yang menjadi peluang ketiga adalah dukungan pemerintah dalam hal pembiayaan. "Dukungan pemerintah yang diperkuat terutama untuk memperkuat peran BPR dalam membiayai sektor UMKM,” terang Priyanto.

Di sisi lain, Priyanto juga menyebutkan bahwa BPR perlu memiliki strategi jangka panjang dan langkah mitigasi risiko yang tepat guna menjawab sejumlah peluang yang ada. Hal itu juga penting dilakukan untuk menggaet kepercayaan masyarakat kepada BPR.

"Yang pasti, tumbuh dan berkembangnya bisnis BPR merupakan salah satu pilar penting demi menjaga stabilitas sistem keuangan, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap perbankan tanah air terus meningkat," pungkasnya.